Cara dan Teknik Kerja Mengecat Ulang Dinding Rumah Lama

Proyek Sipil | 15.55 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Seiring dengan waktu, Cat Dinding rumah suatu saat akan rusak, kotor, luntur warnanya, berjamur, bahkan bisa juga terkupas (lepas), baik secara keseluruhan atau sebagian. Tentu saja hal ini memberi kesan yang kurang rapi dan tidak enak dipandang mata.

Solusi untuk memperbaiki ini adalah dengan cara melakukan Pengecatan Ulang, supaya dinding rumah kita kembali rapi dan indah. Retak rambut yang telah seattle, yang terjadi pada plesteran dinding juga dapat teratasi dengan cara Pengecatan Ulang ini.

Biasanya kondisi kerusakan Cat Dinding lama berbeda-beda, secara pribadi saya dapat membaginya atas 4 kategori, yaitu :
a.  Cat Dinding yang mengalami kerusakan Ringan,
b.  Cat Dinding yang mengalami kerusakan Sedang,
c.  Cat Dinding yang Mengalami Kerusakan Berat.
d.  Cat Dinding yang Mengalami Kerusakan Sangat Berat.

A.  Cat Dinding dengan tingkat kerusakan Ringan

Contohnya : Hanya terjadi Perubahan Warna dan Kusam, timbul Retak Rambut pada plesteran, dan munculnya Debu Cat akibat kelembaban dinding. Namun secara keseluruhan Cat Lama tersebut tetap mengikat erat dan tidak ada yang terkelupas.


Cara Memperbaikinya :

1.  Bersihkan semua Cat Lama pada dinding tersebut dengan Kain Lap (bila perlu dengan Kertas Pasir halus), sehingga bersih dari debu dan kotoran yang menempel.
2.  Setelah bersih dari debu dan kotoran, cat Dinding tersebut dengan Sealer, disarankan gunakan Sealer dengan merk vendor yang sama dengan Cat Dinding Lama tersebut, karena hasilnya akan lebih cocok dan lebih kuat 'mengikat'. Atau gunakan Sealer yang bermutu baik lainnya.
3.  Lalu anda dapat melakukan Pengecatan Ulang pada semua dinding yang telah di-sealer tadi.

B.  Cat Dinding dengan tingkat kerusakan Sedang

Contohnya : Terjadi Pengelupasan dan Gembung Udara pada Cat Dinding Lama tersebut, dengan persentase Luasan yang tidak terlalu banyak, kira-kira 5% - 20% saja dari seluruh luasan dinding, sedangkan 80% - 95% berada dalam kondisi yang baik.


Cara Memperbaikinya :

1.  Lakukan Pengupasan pada bagian Cat Lama yang terkupas dan ada gembung udara tersebut, dengan menggunakan Sekrap (kape). Pastikan pekerjaan ini berlangsung dengan baik.
2.  Gosok bagian Cat Lama yang terkupas tersebut dengan Kertas Pasir halus, dan bersihkan dengan Kain Lap sehingga bersih dari debu dan kotoran yang menempel.
3.  Dempul bagian yang terkupas dengan Tepung Dempul Dinding (wall putty) yang berkualitas, sehingga Permukaan dinding menjadi rata. Biarkan kering, minimal 24 jam.
4.  Keesokannya, gosok semua dempulan dengan Kertas Pasir halus, lalu bersihkan debunya dengan Kain Lap.
5.  Setelah bersih dari debu, cat Dinding tersebut dengan Sealer, disarankan gunakan Sealer dengan merk vendor yang sama dengan Cat Dinding Lama tersebut, karena hasilnya akan lebih cocok dan lebih kuat 'mengikat'. Atau gunakan Sealer yang bermutu baik lainnya.
6.  Lalu anda dapat melakukan Pengecatan Ulang pada semua dinding yang telah di-sealer tadi.

Lihat juga Cat Dinding yang Mengalami Kerusakan Berat dan Cat Dinding yang Mengalami Kerusakan Sangat Berat.

Demikian tulisan saya kali ini.. Semoga berguna..


Advertisement




Komentar :

Category: , , ,