Cara dan Teknis Kerja Mengupas Cat Dinding Rumah lama dengan Paint Remover

Proyek Sipil | 04.31 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Paint Remover adalah Cairan Khusus yang berguna untuk memudahkan kita dalam Mengupas Cat pada media tertentu. Seperti pada media dinding (tembok), besi, kayu, dan sebagainya.

Banyak kita jumpai Cat Dinding tembok Rumah yang rusak dan kondisinya tidak memungkinkan untuk dilakukan Pengecatan Ulang secara langsung. Seperti cat terkelupas, cat yang berjamur, cat yang lembab, dan sebagainya. Sehingga sebaiknya dikupas terlebih dahulu sebelum melakukan Pengecatan Ulang.

Ada sebagian Cat Dinding lama yang mudah dikupas dengan Skrap (kape) secara langsung, namun ada juga yang tidak. Sehingga diperlukan Teknik khusus dan bantuan Paint Remover (merk PECAT pernah saya gunakan), agar bagian yang sulit tersebut dapat dikupas dengan Cepat dan Mudah.


Cara dan Tips Mengupas Cat Dinding Rumah Lama dengan Paint Remover :

1.  Kuaskan cairan Paint Remover yang anda miliki pada Cat Dinding Lama yang hendak dikupas. Lakukan secara bertahap, jangan menguas secara terus-menerus sehingga tercipta bidang yang lebar. Cukup per-setengah meter persegi saja. (disarankan menggunakan Sarung Tangan Karet)

2.  Biarkan lebih kurang 2 sampai 3 menit, cat dinding lama tersebut biasanya akan bereaksi membentuk 'Gelembung Udara'. Jangan juga sampai cairan Paint Remover tersebut mengering, karena jika mengering malah akan menjadi keras dan sulit untuk di-sekrap.

3.  Dalam keadaan yang kira-kira masih lembab (karena cairan Paint Remover tsb.), kupas Cat Dinding lama itu dengan Sekrap (kape). Tekan Sekrap sampai ke dasar permukaan dinding yang ada, sehingga pengupasan berjalan maksimal.

4.  Setelah semua Cat Dinding lama tersebut di-sekrap, siram permukaan dinding tersebut dengan Air, sehingga Dinding tersebut bersih dari bahan kimia yang bersumber dari Paint Remover.

5.  Biarkan sampai Dinding tersebut mengering, atau bisa dikeringkan dengan Kain Lap.

6.  Setelah kering, gosok permukaan Dinding tersebut dengan Kertas Pasir (Ampelas), agar sisa Cat Lama atau Dempul Tembok yang masih tertinggal menjadi lebih bersih. Lalu bersihkan debunya dengan Kain Lap.

Begitulah Cara dan Teknis Kerja Mengupas Cat Dinding Rumah lama dengan Paint Remover, semoga artikel ini bermanfaat.

Catatan Penting :
1.  Jangan sampai anda terhirup gas yang terkandung pada Kaleng kemasan Paint Remover ini.
2.  Upayakan cairan Paint Remover ini tidak mengenai tubuh anda, karena cairan ini biasanya memiliki kandungan bahan Kimia yang cukup 'keras', cirinya adalah 'gatal' pada bagian tubuh yang terkena. Jika kena, cuci cepat dengan air bersih.
3.  Bersihkan segera Peralatan Kerja yang terkena cairan ini dengan Air bersih, seperti kuas, sekrap, sarung tangan, dsb.



Advertisement




Komentar :

Category: , , ,