Cara dan Teknik Kerja Mengecat Ulang Dinding Rumah Lama yang Berlumut dan Berjamur (Mengalami Kerusakan sangat Berat)

Proyek Sipil | 14.46 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pada posting sebelumnya saya telah memaparkan Cara dan Teknis Kerja Mengecat Ulang Dinding Rumah Lama yang Mengalami Kerusakan Berat, yang penanganannya memerlukan pengupasan pada Cat Dinding Rumah lama tersebut.

Cat Dinding Rumah yang Mengalami Kerusakan sangat Berat yang saya maksud disini contohnya :
"Cat dinding rumah yang mengalami Pengelupasan akibat Lembab dan Basah pada sebagian besar Luas Dinding-nya (kondisinya berjamur dan berlumut), dan kondisi Lembab dan Basah ini terjadi terus-menerus (tidak berhenti)".

Hal ini biasanya terjadi karena Dinding dan Plesteran tersebut senantiasa terkena Air atau berada pada Daerah dengan tingkat Kelembaban yang tinggi.

Cara Memperbaikinya :

1.  Kupas semua Cat yang berlumut tersebut dengan menggunakan Sekrap (kape). Jika ada bagian yang sulit terkupas, dapat menggunakan cairan Thinner Epoxy, Thinner ND, Paint Remover (khusus untuk Cat Tembok / Dinding), dsb., untuk mempermudah dan mempercepat proses pengupasan. Paint Remover yang pernah saya gunakan adalah merk PECAT. Cara menggunakannya dapat anda lihat disini.

2.  Setelah semua Cat Dinding lama terkupas, gosok Permukaan Dinding dengan Sikat sampai bersih dari sisa kotoran Cat dan Lumut yang menempel (bantu dengan Air bersih). Lalu biarkan sampai kering.

3.  Bila Lembab dan Basah-nya Dinding tersebut bersumber karena ada Air yang masuk dari Dinding bagian Luar, maka lakukan "penutupan" terhadap jalan masuknya Air tersebut. Jika Basah dan Lembabnya terjadi karena hal lain, maka lakukan tindakan agar Dinding tersebut tidak mengalami hal itu lagi di kemudian hari.

4.  Pada Dinding yang telah disikat bersih dan kering tadi, kuaskan campuran Cairan Kaporit atau Cairan Pemutih Pakaian, dengan perbandingan Cairan dan Air = 1:2 s/d 1:5. Lakukan secara merata ke seluruh permukaan dinding, dan biarkan selama lebih kurang 1 jam. Setelah 1 jam, bilas Dinding tersebut dengan Air bersih, dan biarkan sampai Kering. Lakukan hal ini berulang-ulang, hingga Dinding tersebut benar-benar bersih dari kotoran yang ada. Sebaiknya gunakan Sarung Tangan Karet dan Masker pada saat melakukan ini.

6.  Setelah benar-benar bersih, biarkan beberapa hari, sampai Dinding tersebut benar-benar kering dan siap untuk dicat ulang.

7.  Anda dapat mengecat Dinding Rumah tersebut dengan Sealer, disarankan menggunakan Sealer yang berkualitas baik.

8.  Lalu anda dapat melakukan Pengecatan Ulang pada semua dinding yang telah di-sealer tersebut, sebaiknya menggunakan Cat Anti Jamur dan Lumut.

Demikian tulisan saya kali ini.. Semoga berguna..


Advertisement




Komentar :

Category: , , , ,