Gunakan Closet Jongkok ber-Corong agar Kamar Mandi tidak Bocor

Proyek Sipil | 01.48 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Berdasarkan Jenisnya, Closet Ada 2 macam, yaitu:
a.  Closet (Kloset) Duduk
b.  Closet (Kloset) Jongkok

Sedangkan Closet Jongkok juga 2 macam, yaitu:
1.  Closet Jongkok dengan Saluran Buangan ber-Corong
2.  Closet Jongkok dengan Saluran Buangan tanpa Corong.

1.  Cara Pemasangan Closet Jongkok ber-Corong dapat dilihat pada Gambar dibawah ini:

 
Dari Gambar diatas dapat kita lihat bahwa: Air Kotor Buangan Closet yang keluar, akan langsung masuk seluruhnya kedalam Pipa 4" (Pipa Saluran Air Kotor Buangan Closet), tanpa membasahi Permukaan Plat Lantai Beton.

Hal ini sangat Efektif untuk mencegah terjadi Kebocoran pada Lantai Kamar Mandi, karena Air Buangan tersebut langsung masuk kedalam Pipa Buangan 4" yang langsung mengalir ke Septic-Tank.

2.  Cara Pemasangan Closet Jongkok tanpa Corong dapat dilihat dibawah ini:

Gambar 1. Tampak Samping

Gambar 2. Tampak Atas

Dari Kedua Gambar diatas (Gambar 1 dan 2.) dapat kita lihat bahwa: Air Kotor Buangan Closet yang keluar, tidak langsung masuk seluruhnya kedalam Pipa 4", tapi akan jatuh terlebih dahulu kedalam Bak Kontrol yang dibentuk dari Pasangan Batu Bata Diplester. Air Kotor ini kemudian akan mengalir ke dalam Pipa 4" tersebut.

Basah dan tergenangnya Air Kotor tersebut (walaupun sementara) pada Bak Kontrol, memungkinkan untuk terjadinya kebocoran pada Lantai Kamar Mandi. Kebocoran bisa terjadi apabila Pengikatan yang terjadi antara Plat Lantai Beton dan Permukaan Luar Pipa 4" tidak berjalan dengan baik, sehingga bisa menjadi celah bagi Air Kotor untuk merembes (bocor).

Demikianlah tulisan saya kali ini. Semoga berguna dan bisa menjadi pertimbangan dalam memilih Closet Jongkok.

Advertisement




Komentar :

Category: , , ,