Jenis Water Heater (Pemanas Air) yang Biasa dipakai pada Rumah

Proyek Sipil | 11.32 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Fungsi semua Mesin Pemanas Air (Water Heater) pada dasarnya Sama, yaitu Untuk Memanaskan Air Biasa (Dingin) menjadi Panas, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan manusia, misalnya untuk mandi, mencuci, dsb. Yang membedakan adalah Energi yang digunakan untuk Proses Pemanasannya.

Banyak Perusahaan yang mengeluarkan produk Water Heater ini di Indonesia, dengan Jenis dan Spesifikasi yang berbeda-beda pula. Kita dapat memilih dan membelinya sesuai dengan Spesifikasi yang kita inginkan dan Kapasitas Volume air panas yang dihasilkan dari masing-masing Alat Pemanas tersebut.

Jenis Water Heater yang banyak dipakai pada Rumah:

1. Electric Water Heater

Yaitu alat pemanas air yang menggunakan Energi Listrik, dikenal dengan Electric Water Heater.
Merk Produknya banyak dan bisa didapatkan di toko-toko Sanitary, seperti: merk Ariston, Rinnai, Daalderop, Gainsborough, Rheem, Paloma, Wasser dll. Jenis ini banyak dipakai di Rumah Tinggal, Hotel, Apartement, Rumah Sakit, villa, dll., karena sistem Pemasangan yang Praktis dan Harganya yang terjangkau.




2. Solar Water Heater

Yaitu alat pemanas air yang mengandalkan Energi Panas Matahari yang dikenal dengan istilah Solar Panel, karena menghasilkan air panas, kalau Solar Cell menghasilkan Arus Listrik .
Water Heater Tenaga Surya ini sangat trend dan banyak beredar di Indonesia, baik produk Import maupun produk Buatan Dalam Negeri, Merk-nya bermacam-macam seperti: Wika, Solahart, Edwards, Intisolar, Handal, dll.

3. Gas Water Heater

Yaitu alat pemanas air yang mengandalkan Energy Gas Elpiji, dikenal dengan Gas Water Heater. Merk Produknya banyak juga dan bisa didapatkan di toko-toko Sanitary, seperti: merk Paloma, Rheem, Rinnai, Wasser, dll. 







 

Jenis Water Heater dengan Sumber Energi Panas Kompressor AC:

1. Aircon Water Heater


Alat Pemanas Air ini mengandalkan Energy Panas buangan dari Out-door AC (Air Conditional), yaitu dengan memanfaatkan Suhu Panas Freon. Suhu Panas Freon ini tidak dibuang oleh Kompressor, tapi dibelokkan kedalam Tangki yang berisi Air Dingin.

Di dalam Tangki ini ada Pipa Spiral (Heat Exchanger), sehingga terjadi kontak antara Suhu Freon Panas dengan Pipa Spiral yang diluarnya berisi Air Dingin tadi, sehingga air tersebut menjadi Panas. Saat ini produk yang dominan beredar adalah merk Wika Aircon Water Heater. 

2. Heat Pump Water Heater


Heat Pump atau Pompa Kalor (Panas) adalah alat Pemanas Air yang memanfaatkan Suhu Panas Freon saat keluar dari Kompresor. Proses pemanasan Heat Pump ini Cukup Efisien karena konsumsi Listrik tidak terlalu besar, hanya kira-kira 1/3 dari Kebutuhan Normal saja. Saat ini produk yang dominan beredar adalah merk Wika Heat Pump dan Media Heat Pump.


Advertisement




Komentar :

Category: , ,