Cara Pasang Alumanium Composit Panel (ACP) - Fabrikasi Lembaran ACP (Tahap 2)

Proyek Sipil | 04.08 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement


Seperti yang telah saya sampaikan pada tulisan sebelumnya, secara Umum Tahapan memasang ACP pada Dinding Bangunan bisa dibagi atas 4 proses, yaitu :

1.  Pemasangan Rangka dudukan Alumanium Composit Panel (ACP) pada bangunan, bisa dilihat Disini.
2.  Fabrikasi Lembaran ACP.
3.  Pemasangan Lembaran ACP (yang telah difabrikasi) pada Rangka Dudukan ACP.
4.  Pemberian Sealant pada sela Lembaran ACP dan Pembersihan.

Pada kesempatan ini saya akan menulis bagaimana Proses Pelaksanaan Fabrikasi Lembaran ACP tersebut, agar dapat dipasang pada Konstruksi Rangka Dudukan yang telah ada.


Tahapan Pekerjaan Fabrikasi ACP :

1.  Ukur Rangka Dudukan ACP yang telah tersedia, untuk menentukan Ukuran Potongan Lembaran ACP yang akan dibentuk. Pada Gambar dibawah ini dapat dilihat, ukuran Jarak As Besi Hollow 40x40 (sebagai Dudukan ACP) adalah = 60cm x 60cm.


2.  Karena ukuran Jarak As Besi Hollow 40x40 (sebagai Dudukan ACP) = 60cm x 60cm. Kita bisa merencanakan Ukuran Potongan Lembaran ACP = 64cm x 64cm, seperti Gambar dibawah ini. Gunakan Mesin Potong Plat Alumanium untuk melakukan pemotongan.

(Proses Pemotongan Lembaran ACP)


3.  Setelah Lembaran ACP selesai dipotong dengan ukuran = 64cm x 64cm, lakukan proses Routing pada Lembaran ACP tersebut, agar nanti bisa ditekuk sebesar 90 derajat. Sesuaikan ukuran Routing seperti Gambar kedua dibawah ini, yaitu = 59cm x 59cm pada bagian "tengah" dan 2,5cm pada bagian "keliling".

(Proses Routing menggunakan Mata Pisau Router 90 derjat)


4. Setelah proses Routing selesai, Potong ke 4 Sudut (yang diarsir warna Biru) seperti Gambar diatas. Lalu buang bagian yang berwarna Biru tersebut, seperti Gambar dibawah ini.


5.  Lalu tekuk ke 4 sisi bagian ACP yang lebar 2,5cm tersebut keatas, sebesar 90 derajat, seperti Gambar dibawah ini.



6.  Setelah ACP terbentuk seperti Gambar diatas, buat Bracket dengan menggunakan Potongan Plat Siku Alumanium yang telah disediakan sebelumnya (seperti Gambar dibawah ini), untuk mengunci ke 4 sudut yang ditunjukkan pada Gambar diatas.


7.  Kunci ke 4 sudut yang ditunjukkan pada Gambar dibawah ini, menggunakan Bracket yang telah disediakan sebelumnya. Penguncian menggunakan Paku Rivert (Paku Keling).


8.  Setelah ke 4 Bracket diatas terpasang, kita perlu memasang Bracket lagi pada ke 4 sudut tersebut. Yaitu Bracket yang nantinya akan digunakan untuk mengunci (menyatukan) Lembaran ACP pada Rangka Dudukan ACP. Panjang Bracket tidak harus 5 cm, tapi disesuaikan dengan Bobot Lembaran ACP yang akan dipikulnya, bisa 6 cm atau 7 cm.

Buat Bracket menggunakan Plat Siku Alumanium (atau Plat Siku dari Besi) seperti Gambar dibawah ini. Lalu pasang Bracket tersebut pada Lembaran ACP dengan menggunakan Paku Rivert (Paku Keling). Setiap sudut Lembaran ACP dipasang 2 buah Bracket.

Jika dihitung Jumlah Bracket ini = 8 buah (per-setiap 1 Lembar ACP yang difabrikasi), karena setiap Sudut dipasang 2 buah Bracket. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah: Posisi 8 buah Bracket tersebut.

Posisi 8 buah Bracket tersebut harus diatur sedemikian rupa agar tidak tumpang tindih dengan Bracket pada Lembaran ACP ke-2, ke-3, ke-4, dan seterusnya, yang dipasang disamping Kiri, Kanan, Atas, dan Bawah, dari masing-masing Lembaran ACP tersebut. 



9.  Pekerjaan Fabrikasi Lembaran ACP selesai. Kita dapat membuat Jumlahnya sesuai dengan kebutuhan, untuk menutup seluruh Rangka Dudukan ACP yang ada. Tahapan selanjutnya (Tahap ke-3) adalah Memasang Lembaran ACP yang telah difabrikasi pada Rangka Dudukan yang ada.


Advertisement




Komentar :

Category: ,