Cara Pasang Alumanium Composit Panel (ACP) - Memasang Lembaran ACP yang telah difabrikasi pada Rangka Dudukan (Tahap 3)

Proyek Sipil | 22.20 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Setelah Rangka Dudukan ACP selesai dipasang pada Dinding Bangunan, dan Lembaran ACP selesai di-fabrikasi (dibentuk), selanjutnya kita dapat memasang Lembaran ACP tersebut pada Rangka Dudukan ACP yang ada, dengan tetap memperhatikan 3 hal berikut :

1.  Pemilihan Material yang berkualitas dan tepat guna,
2.  Kekuatan Pemasangan,
3.  Kerapian Pemasangan.

Memasangnya yaitu dengan Cara mengunci Bracket yang telah dipasang Lembaran ACP sebelumnya, pada Rangka Dudukan ACP (besi Hollow), menggunakan Sekrup (Pengunci) dengan bantuan Mesin Bor.

Material dan Peralatan yang dibutuhkan :

1.  Mesin Bor (C) untuk memasang Sekrup Pengunci,
2.  Mata Kunci Baut Hexagon (A) untuk memasang Sekrup tipe Kepala Sekrup Hexagon,

     (jika Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Hexagon)
3.  Mata Obeng Positif (B) untuk memasang Sekrup tipe Kepala Sekrup Lubang Positif.
     (
jika Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Lubang Positif)


4.  Sekrup Pengunci, untuk Mengunci Bracket yang telah dipasang Lembaran ACP pada Rangka Dudukan ACP (besi Hollow). Sebaiknya Sekrup ini terbuat dari Logam yang Keras dan tidak mudah berkarat (korosi), agar tahan terhadap Cuaca, Hujan, Panas, dan sebagainya



Pada Gambar diatas terlihat 3 jenis Sekrup, yaitu Sekrup tipe (D) (Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Hexagon), (E) (Kepala Sekrup Pengunci berbentuk Lubang Positif), dan (F).

Gunakan Sekrup tipe (D) atau tipe (E) untuk menyatukan Bracket Lembaran ACP pada Rangka Dudukan Besi Hollow. Sebaiknya jangan menggunakan Sekrup tipe (F). Mengapa saya menyarankan Hal ini..? Alasannya akan saya paparkan pada Tulisan berikutnya.

Tahapan Memasang Lembaran ACP pada Rangka Hollow :

1.  Tentukan dan sediakan terlebih dahulu Sekrup Pengunci yang akan digunakan untuk menyatukan Bracket Lembaran ACP pada Rangka Dudukan-nya. Misalnya disini kita menggunakan Sekrup tipe (E), seperti Gambar diatas.

2.  Persiapkan Mesin Bor dan Mata Obeng Positif untuk memasang Sekrup Pengunci tipe (E) tersebut. Lalu pasang Mata Obeng Positif (B) pada Mesin Bor (C), kunci dengan kuat menggunakan Kunci Penjepit (G) yang telah disediakan pada saat pembelian Mesin Bor.


3.  Lakukan Pemasangan Lembaran ACP pada Rangka Dudukan menggunakan Sekrup Pengunci, dengan bantuan Mesin Bor dan Mata Obeng Positif, seperti 2 buah Gambar dibawah ini.

(Pemasangan Sekrup dan Mata Obeng Positif pada Mesin Bor)


(Penguncian Lembaran ACP pada Rangka Dudukan menggunakan Sekrup)

4.  Lakukan Penguncian pada ke-8 Bracket yang ada, seperti Gambar dibawah ini.

(1 Lembar ACP telah selesai terpasang pada Rangka Dudukan besi Hollow)

5.  Lakukan Pemasangan Lembaran ACP pada lembaran-lembaran berikutnya, sampai semua Rangka Dudukan terpasang oleh Lembaran ACP tersebut. Seperti Gambar dibawah ini.



6.  Setelah semua Rangka Dudukan terpasang oleh Lembaran ACP, maka selesai-lah Proses Pemasangan Lembaran ACP ini. Semoga tulisan ini berguna..



Advertisement




Komentar :

Category: ,