Defenisi dan Fungsi Sloof Beton pada bangunan Rumah

Proyek Sipil | 20.26 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

     Sloof adalah jenis Konstruksi Beton Bertulang yang biasanya dibuat pada bangunan Rumah atau Gedung, dan posisinya biasanya pada Lantai 1 (ada juga yang menyebutkannya Lantai Dasar). Seperti dapat kita lihat pada Gambar diatas.

     Sloof ini berfungsi untuk memikul Beban dinding (bisa Dinding dari Batu bata, Batako, dsb.), sehingga dinding tersebut "duduk" pada beton yang kuat, sehingga tidak terjadi "penurunan dan pergerakan" yang bisa mengakibatkan dinding rumah menjadi Retak atau Pecah.

     Jadi bisa dikatakan Sloof juga merupakan salah satu Pondasi bagi rumah. Spesifiknya adalah mendukung beban dinding rumah tersebut. Bila dikategorikan Sloof adalah termasuk Pondasi Menerus.

   
(Gambar Sloof dan Pembesiannya)
Sloof adalah jenis Konstruksi Beton Bertulang yang sengaja didisain khusus Luas Penampang dan Jumlah Pembesiannya, disesuaikan dengan kebutuhan Beban yang akan dipikul oleh Sloof tersebut nantinya.

Untuk menetukan Luas Penampang (ukuran Sloof ini), dibutuhkan "Perhitungan Teknis yang Tepat" agar Sloof tersebut nanti "benar-benar Mampu" untuk memikul Beban Dinding Bata diatasnya nanti.

Untuk itu sebaiknya kita menggunakan jasa Konsultan untuk menghitung dan mendisain Dimensi Sloof ini.




     Demikian dulu tulisan saya kali ini tentang Sloof dan Fungsinya. Mudah-mudahan berguna.

Advertisement




Komentar :

Category: , ,