Cara dan Teknis Pemasangan Pintu PVC Kamar Mandi

Proyek Sipil | 12.08 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

     Setelah Pembuatan Sponning Keramik selesai dan setelah Daun Pintu PVC tersedia (lihat Pekerjaan Persiapan sebelum Pemasangan Pintu PVC Kamar Mandi), selanjutnya kita dapat Memasang Pintu PVC Kamar Mandi.

Bagaimana Teknik Pelaksanaanya, disini coba saya uraikan:

-  Cek dahulu apakah Ukuran Daun Pintu PVC tersebut telah sesuai Ukurannya dengan keadaan Sponning Pintu Keramik yang ada, dengan cara meletakkan daun pintu pada posisi yang akan dipasang. Cek Lebar dan Tinggi daun pintu PVC apakah telah memiliki space/jarak yang cukup dengan sponning keramiknya. Jarak/space ini sebaiknya pas (tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil), agar Daun Pintu nantinya dapat mudah dibuka-tutup.

-  Kalau Space/Jaraknya terlalu sempit atau rapat dengan Sponning Keramik (daun pintu PVC kebesaran), sebaiknya Daun Pintu PVC tersebut kita perbaiki dahulu dengan cara "memperkecil ukurannya". Untuk melakukan ini, kita butuh alat: Gergaji, Cutter, dan Lem PVC. Setelah ukurannya menjadi pas, baru kita dapat melanjutkan Proses Pemasangan.

-  Setelah ukuran Daun Pintu PVC pas/ideal, kita dapat melakukan Proses Pemasangan Daun Pintu PVC dengan menggunakan Engsel yang telah tersedia (catatan: Engsel Daun Pintu PVC biasanya cukup 2 buah saja untuk 1 unit Daun Pintu).


Pemasangan Daun Pintu PVC ini dilakukan dengan cara 5 tahap, yaitu: 

Tahap Pertama: Pasang kedua Engsel pada Daun Pintu terlebih dahulu (ini dapat dilakukan di daerah "bebas".

Tahap Kedua: Daun Pintu PVC yang telah terpasang Engsel 2 buah tadi diletakkan pada posisi Sponning Pintu Keramik Kamar Mandi, dipas-kan keempat sisinya (atas, bawah, kiri, kanan). Lalu dengan menggunakan Pensil/Spidol, kita tandai posisi Engsel di Sponning Keramik tersebut, berikut dengan posisi Lubang Sekrup Engselnya.


Tahap Ketiga:  Untuk penyekrupan Engsel pada dinding keramik sebaiknya menggunakan Sekrup dan Fisher (6mm). Caranya dinding keramik terlebih dahulu di bor dengan menggunakan Mesin Bor (memakai mata bor beton ukuran 6mm). Dibor tepat pada titik Lubang Engsel yang telah kita tandai sebelumnya. Setelah dibor, masukkan Fisher 6 mm tersebut kedalam lubang tersebut.

Tahap Keempat: Gantungkan (pasang) Daun Pintu PVC pada posisi kembali, dan lakukan Penyekrupan pada semua Lubang Engsel (seperti terlihat pada Gambar disamping)

Tahap Kelima: Lakukan Pemasang Gerendel pada Pintu bagian dalam Kamar Mandi, juga dengan Sekrup yang menggunakan Fisher.

Pemasangan Daun Pintu PVC Selesai.


Catatan: Semua Pekerjaan diatas sebaiknya dilakukan dengan Pengukuran yang Akurat dan Rapi, agar Pintu dapat terpasang dengan baik.


Advertisement




Komentar :

Category: , , ,