Cara dan Teknis Memasang Batu Bata untuk Dinding Rumah

Proyek Sipil | 19.42 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

     Pada umumnya dinding rumah dibuat dengan Pasangan Batubata dan Batako. Dinding Bata dan Batako ini sebaiknya duduk diatas Pondasi Menerus atau Sloof Beton.

Pada kesempatan kali ini saya akan uraikan Teknik Pemasangan Batu Bata, berikut uraiannya:

Pemasangan Batu Nol. Batu Nol ini biasa dipasang diatas Sloof atau Pondasi Menerus, dengan mengacu pada Gambar Denah bangunan yang ada. Dipasang dengan pengukuran seakurat mungkin agar sama dengan Gambar Rencana. Gunakan Benang Acuan pada pemasangan Batu Nol ini, agar tercipta pasangan Bata yang lurus dan rapi. Disebut Batu Nol karena pemasangannya biasa dilakukan sampai ketinggian Nol Bangunan Rumah atau Gedung.


Pemasangan Lanjutan. Setelah Batu Nol terpasang seluruhnya, kita dapat melanjutkan pemasangan dinding bata diatasnya. Seperti terlihat pada Gambar disamping.

    Pemasangan lanjutan ini juga harus tetap dikontrol dengan Benang Acuan. Gunakan Lot/Bandul Gantung/Waterpas untuk mendapatkan kerataan Horizontal dan Vertikal nya.



Beri Space/Jarak pada setiap perjumpaan Batu bata dengan Besi Kolom Praktis, sebaiknya berjarak minimal 2,5cm s/d 3cm, agar Pengecoran Kolom Praktis tersebut nanti dapat dilakukan dengan baik dan padat. seperti terlihat pada Gambar disamping.





Lakukan Pengecoran Kolom Praktis, pada setiap ketinggian tertentu, kira-kira 1,2m s/d 1,5m tinggi pasangan batu bata, sebelum melanjutkan pasangan batu bata diatasnya (ukuran ini bervariasi sesuai dengan karakteristik batu bata tersebut). Hal ini untuk mencegah ambruk atau rubuhnya pasangan batu bata tersebut jika nanti dilanjutkan dengan pemasangan batubata diatasnya.

    Pengecoran Kolom Praktis ini sebaiknya dilakukan pada saat pasangan batu bata telah mengering (dicor keesokan harinya).

Demikian keterangan singkat tentang pasangan batu bata, semoga tulisan ini bermanfaat...

Catatan: Pemasangan Batu Bata ini memerlukan Ketelitian Pengukuran dan Kerapian Pekerjan yang tinggi, jadi sebaiknya dilakukan oleh Pekerja yang benar-benar mahir. Karena ini berdampak langsung pada kerapian Rumah atau Gedung.


Advertisement




Komentar :

Category: