Sekilas tentang Pondasi Bor Pile (Pondasi Caissons)

Proyek Sipil | 10.32 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

        Pondasi Caissons (Bor Pile) adalah bentuk Pondasi Dalam yang dibangun di dalam permukaan tanah. Pondasi di tempatkan sampai ke dalaman yang dibutuhkan dengan cara membuat lobang dengan sistem pengeboran atau pengerukan tanah.

        Setelah kedalaman didapatkan kemudian dilakukan Pemasangan Besi Penulangan Pondasi seperti gambar diatas, lalu dilakukan Pengecoran terhadap lobang yang sudah di bor tersebut.
    
        Cara pengeboran dapat dialakukan dalam berbagai jenis baik dengan cara manual maupun cara hidrolik. Besar diameter dan kedalaman galian dan juga sistem penulangan beton bertulang didesain berdasarkan Daya Dukung tanah dan beban konstruksi diatas yang akan dipikul.

        Sistem kerja pondasi ini hampir sama dengan Pondasi Pile (Tiang Pancang), yaitu meneruskan Beban Stuktur Bangunan diatas ke tanah dasar dibawahnya sampai kedalaman tanah yang dianggap kuat (memiliki Daya Dukung yang cukup). Untuk itu diperlukan kegiatan Sondir sebelumnya, agar daya dukung tanah dibawah dapat diketahui pada kedalaman berapa meter yang dianggap memadai untuk mendukung konstruksi diatas yang akan dipikul nantinya.

        Jenis Pondasi ini cocok digunakan untuk lokasi pekerjaan yang disekitarnya rapat dengan bangunan orang lain, karena proses pembuatan pondasi ini tidak menimbulkan efek getar yang besar, seperti pembuatan Pondasi Pile (Tiang Pancang) yang pemasangannya dilakukan dengan cara pukulan memakai Beban/Hammer.

Advertisement




Komentar :

Category: ,