Sekilas tentang Pondasi Piers

Proyek Sipil | 10.24 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

     Pondasi Piers (dinding diafragma) adalah: Pondasi untuk meneruskan beban berat struktural yang dibuat dengan cara  melakukan penggalian dalam, kemudian struktur pondasi pier dipasangkan kedalam galian tersebut.
       
     Satu keuntungan Pondasi Piers adalah bahwa pondasi jenis ini lebih murah dibandingkan dengan  membangun pondasi dengan jenis pondasi menerus, hanya kerugian yang dialami adalah jika lempengan pondasi yang sudah dibuat mengalami kekurangan ukuran maka kekuatan jenis pondasi tidak menjadi normal.
    
     Pondasi piers standard dapat dibuat dari Beton Bertulang Pre-cast. Karena itu, aturan perencanaan  pondasi piers terhadap balok beton diafragma adalah mengikuti setiap ukuran ketinggian pondasi yang direncanakan.
 
     Pondasi piers dapat divisualisasikan sebagai bentuk tabel struktur berupa sistem kolom vertikal yang terbuat dari Beton Bertulang dan ditempatkan di bawah bangunan yang ditanamkan dibawah tanah yang sudah digali.

     Lempengan beton diafragma ini mentransfer beban bangunan ke tanah. Balok dibangun di atas dinding diafragma vertikal (pondasi piers) yang menahan dinding rumah atau struktur. Untuk rumah yang memiliki Ruang Bawah Tanah bisa menggunakan jenis pondasi ini, dimana beton yang dipasang bisa berguna sebagai dinding pada ruang bawah tanah, yang dapat digunakan digunakan untuk gudang penyimpanan atau taman.

     Beton Pondasi Piers biasanya dibuat dalam bentuk pre-cast dalam berbagai ukuran dan bentuk, sering dijumpai dalam bentuk persegi panjang dengan ketinggian dan kedalaman yang disesuaikan dengan kebutuhan. Tapi beton dapat juga dibuat dalam bentuk bulat.

     Setelah beton bertulang cukup kering kemudian di masukkan ke dalam tanah yang sudah digali  dan disusun secara bersambungan.  Setelah tersusun dengan baik kemudian baru dilanjutkan dengan konstruksi diatasnya.

Advertisement




Komentar :

Category: ,