Cara Plester Aci Kering pada Dinding Rumah atau Gedung

Proyek Sipil | 09.13 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Metode kerja Plesteran Dinding yang biasa dilakukan di Proyek Sipil ada 3 macam, yaitu:

a.  Dinding Bata langsung diplester tanpa ada Kepala Plesteran, hanya mengandalkan Kayu/Alumanium sebagai alat untuk meratakan plesteran tersebut. Kemudian langsung diaci pada saat kondisi plesteran masih Basah / Setengah Kering.

b.  Dinding Bata terlebih dahulu dibuat Kepala Plesteran, kemudian dinding diplester dengan acuan Kepala Plesteran tadi, selanjutnya langsung diaci pada saat kondisi plesteran masih Basah / Setengah Kering.

c.  Dinding Bata terlebih dahulu dibuat Kepala Plesteran, kemudian dinding diplester dengan acuan Kepala Plesteran tadi, selanjutnya plesteran tidak langsung diaci. Setelah beberapa hari baru diaci. Sistem ini yang di lapangan dikenal dengan Cara Plester Aci-Kering.

Teknis kerja Plesteran Dinding dengan Cara Aci Kering adalah sebagai berikut:

1.  Misalkan contoh dinding pasangan bata yang hendak diplester seperti gambar dibawah ini
 

2. Buat Benang Acuan untuk mendapatkan kerataan pada seluruh bidang Permukaan Dinding Batubata. Gunakan Lot/Bandul/Unting-unting, Paku, dan Benang untuk mendapatkan Rata Vertikal, lalu hubungkan Kedua Benang Vertikal tersebut untuk mendapatkan Rata Horizontal. Sehingga tercipta Benang Acuan yang benar-benar rata terhadap semua Dinding Bata tersebut. Beri Tanda dengan Paku untuk menentukan Ketebalan Plesteran pada titik-titik yang diperlukan.


3.  Buat Kepala Plesteran menggunakan Adukan Mortar (Semen dan Pasir) secara Vertikal, dengan perpedoman pada Benang dan Paku Rata Vertikal tadi. Seperti Gambar dibawah. Kepala Plesteran harus dibuat serata mungkin, karena berfungsi sebagai Pedoman (Rel) dalam melakukan Plesteran nantinya.


4.  Lakukan pekerjaan Plesteran, seperti terlihat pada Gambar dibawah, dengan bantuan Kayu Keras yang benar-benar Lurus atau menggunakan Profil Holo Alumanium. Disini Rel Kepala Plesteran menjadi Pedoman untuk membuat Plesteran menjadi benar-benar Rata. Setelah selesai proses plesteran. biarkan beberapa hari hingga Plesteran benar-benar kering.


5.  Setelah Plesteran benar-benar Kering, barulah kita lakukan Pekerjaan Acian. Yaitu melapisi dinding Plesteran yang masih Kasar dengan Adukan Acian (Semen dan Air), sehingga plesteran menjadi Halus.


Demikian tulisan saya kali ini tentang Teknis Pelaksanaan Plesteran Dinding dengan Metoda Aci Kering. Semoga Artikel ini berguna.

Lihat juga Artikel lainnya Apa saja Penyebab Plesteran Dinding Rumah Retak.

Advertisement




Komentar :

Category: ,