Keunggulan Baja Ringan dibanding Kayu dalam Membuat Rangka Atap Rumah

Proyek Sipil | 00.32 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Baja Ringan pada saat ini merupakan Produk yang sangat Efisien yang sangat membantu sekali dalam pembuatan Rangka Atap. Termasuk saya sendiri yang sangat terbantu sekali dengan adanya Produk ini dalam mengerjakan Atap Rumah dari proyek-proyek perumahan yang sedang saya kerjakan.

Sebelum adanya Produk ini, Rangka Atap Rumah biasanya dibuat dengan menggunakan Konstruksi Kayu. Kayu yang digunakan harus berkualitas baik, keras dan tahan terhadap usia, dan tidak mengalami penyusutan yang signifikan dengan pertambahan usia. Kayu ini juga harus diproteksi dengan Cairan yang bersifat Anti Rayap, agar kayu ini tidak gampang dirusak oleh Rayap.

Seiring dengan makin sulitnya mendapatkan Kayu yang berkualitas baik (tinggi) seperti diatas, maka muncul ide (dari para Produsen Baja Ringan) untuk menciptakan Produk ini. Produk Baja Ringan ini pada prinsipnya dibuat untuk menggantikan peran Kayu Kaso (2"x4", 2"x3") dan Kayu Reng (1"x2") yang biasa dibuat sebagai Konstruksi Rangka Atap dari Kayu.

Keunggulan Baja Ringan dibandingkan Kayu, antara lain adalah:

1.  Pelaksanaan pekerjaan akan lebih Cepat selesai, karena cara kerjanya relatif lebih mudah,

2.  Konstruksi Atap dari Baja Ringan bobotnya akan lebih ringan dibandingkan Konstruksi Atap dari Kayu, sehingga tidak terlalu membebani Struktur dibawahnya. Namun Kekuatan Konstruksi-nya bisa dibuat bernilai Tinggi, dengan Perencanaan dan Disain yang tepat.

3.  Baja Ringan lebih Tahap terhadap Rayap, berbeda dengan Kayu yang selalu jadi "incaran" Rayap,

4.  Baja Ringan Relatif lebih mudah didapat di pasaran dibanding Kayu berkualitas Keras yang semakin sulit didapat,

5.  Harganya lebih Murah dibandingkan dengan Kayu yang Keras (berkualitas tinggi).

Demikian paparan singkat saya tentang Baja Ringan ini. Mungkin jika diuraikan lebih jauh, akan ada beberapa alasan lagi mengapa saya merekomendasikan produk Baja Ringan untuk dipakai sebagai Konstruksi Rangka Atap Rumah anda.


Advertisement




Komentar :

Category: ,