Keunggulan Baja Ringan dibanding Kayu dalam Membuat Rangka Atap Rumah

Proyek Sipil | 00.32 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

        Baja Ringan pada saat ini merupakan Produk yang sangat fenomenal yang sangat membantu sekali dalam membuat Rangka Atap Rumah. Termasuk saya sendiri yang sangat terbantu sekali dengan adanya Produk ini, dalam mengerjakan Atap Rumah dari proyek-proyek perumahan yang sedang saya kerjakan.

        Sebelum adanya Produk ini, Rangka Atap Rumah biasanya dibuat dengan menggunakan Konstruksi Kayu. Kayu yang akan digunakan ini dipilih yang berkualitas baik, Keras dan relatif Tahan terhadap Usia (tidak mengalami penyusutan yang signifikan seiring dengan pertambahan usia). Kayu ini juga harus diproteksi dengan Bahan Khusus (anti rayap) agar kayu ini tidak gampang digerus oleh Rayap yang dapat merusak kekuatan kayu tersebut secara perlahan.
  
        Seiring dengan makin sulitnya untuk mendapatkan Kayu yang berkualitas Baik (tinggi) seperti penjelasan diatas, maka muncul ide (dari para Produsen Baja Ringan) untuk menciptakan Produk ini. Produk Baja Ringan ini pada prinsipnya dibuat untuk menggantikan peran Kayu Kaso (2"x4", 2"x3") dan Kayu Reng (1"x2") yang biasa dibuat untuk Konstruksi Rangka Atap.

Produk Baja Ringan ini memiliki Keunggulan dibandingkan Kayu, antara lain:
1.  Pelaksanaan pekerjaan akan lebih Cepat selesai, karena cara kerjanya relatif lebih mudah,
2.  Konstruksi Atap yang dibuat dengan Baja Ringan akan lebih Ringan dibandingkan bila dibuat dengan Konstruksi Kayu, sehingga tidak terlalu membebani struktur Rumah dibawahnya,
3.  Baja Ringan lebih Tahap terhadap Rayap, berbeda dengan Kayu yang selalu jadi "incaran" Rayap,
4.  Baja Ringan lebih relatif mudah didapat di pasaran dibanding Kayu yang berkualitas Keras,
5.  Harganya lebih Murah dibandingkan dengan Kayu yang Keras (berkualitas tinggi).

        Demikian paparan singkat saya tentang Baja Ringan, mungkin jika diuraikan lebih jauh lagi akan ada beberapa alasan lagi mengapa saya merekomendasikan Baja Ringan ini dipakai untuk Rangka Atap Rumah anda. Jika ada masukan informasi, bisa kita diskusikan di kolom Komentar dibawah.

Advertisement




Komentar :

Category: ,