Tips Cara Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Rumah atau Gedung

Proyek Sipil | 01.40 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pekerjaan Atap merupakan bagian terpenting dalam mewujudkan Rumah yang indah dan Asri. Banyak pilihan model dan bentuk Atap yang dapat kita terapkan sesuai dengan selera dan disain kita masing-masing. Ada Atap dengan Rabung 1, Rabung 5, Atap Joglo, dan lain-lain.

Disini saya coba uraikan Teknis Pemasangan Atap Baja Ringan, seperti contoh Gambar diatas. Kita simak langkah-langkahnya:

1.  Pengukuran.

Ukur jarak Batubata atau Ring Balok yang akan menjadi Tumpuan (dudukan) bagi Kuda-kuda Baja Ringan nantinya, misalnya didapat jarak 4 meter.

2.  Disain Kuda-Kuda Baja Ringan

Berdasarkan data jarak tumpuan yang didapat (4 meter tadi), lakukan disain Kuda-kuda Baja Ringan, dengan memperhatikan : Kekuatan Kuda-kuda dalam menahan Beban Atap (Genteng Batu atau Genteng Metal), Kemiringan Rencana Atap Kuda-kuda (agar air hujan nantinya dapat mengalir dengan lancar), serta menentukan Panjang Top-Chord, agar rintisan air hujan nantinya cukup jauh dan tidak mengenai dinding rumah secara langsung.

Dalam hal ini saya menyarankan untuk menggunakan Jasa Konsultan (tenaga ahli) dalam disain Kuda-kuda Baja Ringan ini, apalagi untuk bentang Kuda-kuda yang lebar atau menggunkan Material Atap yang berat, seperti Genteng Batu atau Keramik.

3.  Pemasangan Kuda-kuda Baja Ringan

Setelah disain selesai, kita bisa mulai melakukan pemasangan Kuda-kuda. Dimulai dengan fabrikasi Kuda-kuda Baja Ringan yang sebaiknya dilakukan pada lantai yang datar.

Lalu dilanjutkan dengan pemasangan Kuda-kuda tersebut di atas Rumah atau Gedung. Dilanjutkan dengan Pemasangan Pengaku, agar tercipta struktur Kuda-kuda yang kuat dan kaku.

4.  Pemasangan Reng Baja Ringan

Pemasangan reng ini harus mengacu pada Jenis Atap atau Genteng yang akan digunakan. Lakukan pengukuran terlebih dahulu terhadap Panjang Daun dari atap yang akan digunakan. Lalu lakukan Pemasangan Reng sesuai dengan Panjang Daun atap tersebut.

5.  Pemasangan Seng atau Genteng

Dalam memasang Atap Seng atau Genteng sebaiknya dilakukan dengan rapi dan rapat, untuk mencegah terjadinya kebocoran saat terjadi hujan.

6.  Pemasangan Rabung, Nok Pinggir, dan Flashing

Pemasangan ketiga komponen ini tidak kalah pentingnya. Harus dilakukan dengan kuat, rapi, dan teliti. Untuk kekuatan dan mencegah tercegah terjadi kebocoran saat terjadi hujan.

Demikian tips memasang Atap Rumah dengan menggunakan Rangka Baja Ringan. Mudah-mudahan tips ini berguna..


Advertisement




Komentar :

Category: ,