Jenis Alat Berat yang Biasa dan Sering Dipakai pada Pelaksanaan Proyek Sipil Konstruksi

Proyek Sipil | 23.13 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Tujuan penggunaan Alat Berat pada Proyek Konstruksi adalah untuk:
     -  Memudahkan pelaksanaan pekerjaan
     -  Mempercepat waktu pelaksanan pekerjaan

Alat Berat yang sering dipakai pada Pelaksanaan Proyek Konstruksi antara lain adalah:
1.  Excavator
     Excavator adalah Alat Berat yang memiliki multi fungsi, alat ini dapat digunakan untuk memindahkan bahan/barang (dalam jarak dekat), menggali tanah, memotong tanah, dan memuat tanah kedalam Dump-Truck.







2.  Tower Crane (TC)
     Tower Crane adalah Alat Berat yang berfungsi untuk memindahkan Bahan/Barang (dalam menengah), juga dapat memindahkan secara Vertikal (dari bawah ke atas, atau sebaliknya). Alat ini biasanya direncanakan agar mampu menjangkau seluruh area proyek, sehingga bisa meng-cover seluruh proses pemindahan bahan/barang.

     Alat berat ini menyerupai menara dengan lengan memanjang yang dapat berputar 360 derajat. Lengan tower crane ini dilengkapi dengan katrol yang dapat bergerak sejajar dan memiliki panjang sepanjang lengan  tower crane. Kapasitas (kemampuan daya angkat) Tower Crane ini berbeda-beda, biasa ditandai dengan satuan Ton pada Ujung Lengan Tower Crane tersebut, misalnya 1,3 ton atau 1,5 ton pada ujung lengan.

3.  Passenger Hoist (Lift untuk manusia dan barang)
     Di dalam proyek, pekerja dapat menggunakan Passenger Hoist untuk naik atau turun ke setiap lantai yang berbeda. Selain untuk para pekerja alat ini juga dapat digunakan untuk mengangkat bahan dan alat-alat yang ringan, seperti Pipa, dan bahan/alat kerja ringan lainnya.

     Kapasitas/kemampuan Passanger Hoist ini juga berbeda-beda, ada kapasitas untuk 15 Orang = 1000 kg, ada untuk 20 orang, dan lain-lain.       



4.  Dump Truck
     Dump truck adalah Mobil Truk Besar yang dilengkapi dengan bak besar sebagai tempat muatan, bak ini dilengkapi dengan hidrolik untuk mengangkat bak tersebut (menuang muatan yang dibawanya).

     Alat ini biasanya digunakan untuk mengangkut tanah galian atau bahan-bahan bangunan, seperti kerikil, pasir dan lainnya, dari satu tempat ke tempat lain.

 
     Demikian tentang Alat Berat yang sering dipakai dalam Pelaksanaan Proyek Konstruksi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Advertisement




Komentar :

Category: ,