Cara Menghitung Volume Galian Tanah pada Saluran Air Lama untuk Pekerjaan Pemasangan UDitch

Proyek Sipil | 15.33 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

U-ditch adalah sebuah Produk Beton Bertulang, bentuknya seperti huruf U, dan biasanya digunakan untuk Saluran Air Pembuangan, seperti saluran air kotor, parit, selokan, dan limbah kotor lainnya.

Metode Pekerjaan Pemasangan U-Ditch ada 2 cara, yaitu :
1.  U-ditch dibuat langsung di Lokasi yang diinginkan. Dimana pekerjaan Pembesian, Bekisting, dan Pengecoran-nya langsung dikerjakan di Lokasi yang diinginkan.
2.  U-ditch dibuat dibuat di tempat lain, lalu dibawa ke lapangan, kemudian dilakukan Pemasangan di Lokasi yang diinginkan dengan cara menyusunnya menjadi sebuah saluran.

U-ditch bisa diterapkan untuk pekerjaan Saluran Parit Baru, bisa juga untuk mengganti Saluran Parit Lama yang sudah tidak layak lagi kondisinya, seperti Gambar 1 dibawah ini.

(Gambar 1. Saluran Parit Lama dan rencana Pemasangan U-Ditch)

Pada kesempatan ini saya akan memberikan contoh Perhitungan Volume Galian Tanah pada Saluran Air Lama yang akan diganti menjadi saluran air dengan menggunakan U-ditch.

Contoh Perhitungan :

1.  Ukur terlebih dahulu Panjang Saluran Parit Lama (P) yang akan dibongkar dan diganti dengan U-ditch, misalnya P =100 meter. Lalu ukur Lebar (L) dan Tinggi (T) Saluran Parit Lama tersebut, misalnya L = 0,60 meter dan T = 0,50 meter. Seperti Gambar 2 dibawah ini.

(Gambar 2. Saluran Parit Lama dan Ukurannya)

Jika ukuran Lebar dan Tinggi Saluran Parit Lama ini sama sepanjang 100 meter tersebut, maka Volumenya bisa langsung dihitung. Tapi jika tidak sama, maka kita harus membuat Cross-Section pada Jarak tertentu dan mendapatkan Data Luas Penampang-nya, lalu menghitung Volumenya berdasarkan Data Luas Penampang dan Jarak tersebut.
Caranya bisa dilihat DISINI, (dengan asumsi Volume Saluran Parit Lama = Volume Timbunan).

Pada contoh Perhitungan disini Lebar dan Tinggi Saluran Parit Lama ini diasumsikan sama sepanjang 100 meter tersebut, yaitu Lebar = 0,6 m dan Tinggi = 0,5 m.

2.  Hitung volume Saluran Parit Lama = V1
V1  =  P x L x T
V1  =  100 x 0,6 x 0,5
V1  =  36 m3.

3.  Lalu ukur dimensi Penampang U-Ditch yang akan digunakan, misalnya Lebar Uditch (Lu) = 1,2 meter dan Tinggi Uditch dan Lantai Kerja (Tu) = 1,3 meter. Seperti Gambar 3 dibawah ini.

(Gambar 3. Illustrasi Pemasangan Uditch dan Ukurannya)

4.  Volume Uditch  = V2 (termasuk volume Saluran Parit Lama, V1)
V2  =  P x Lu x Tu
V2  =  100 x 1,2 x 1,3
V2  =  156 m3.

Pada perhitungan Volume Galian Uditch V2 ini, saya menyajikan Data Langsung dari Lebar Uditch yang akan digunakan, yaitu = 1,2 meter. Namun untuk Pelaksanaan di Lapangan, kita harus melebihkan Lebar Galian-nya untuk kebutuhan kerapian pemasangan dan kemudahan kerja di Lapangan.

5.  Setelah V1 dan V2 diketahui, selanjutnya kita dapat menghitung Volume Galian Tanah untuk pemasangan Uditch (V3)
V3  =  V2 - V1
V3  =  156 - 36
V3  =  120 m3

6.  Perhitungan selesai.. Semoga tulisan ini berguna..


Advertisement




Komentar :

Category: , , , ,