Cara Pasang Aluminium Composite Panel (ACP) - Pasang Rangka Dudukan ACP (Tahap 1)

Proyek Sipil | 14.39 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Seperti yang telah saya bahas pada Artikel sebelumnya pada Artikel "Alumanium Composit Panel (ACP) - Defenisi Fungsi dan Manfaat", banyak sekali merk produk ACP yang beredar di Indonesia, seperti Alucobond, Seven, Good Sense, Maco, Alustar, Alumebond, Alumetal, Goldstar, Alumetalec, Alcopla, Luminate, dan sebagainya. Ada yang produksi Dalam Negeri, ada juga produksi Luar Negeri.

Pemasangan Product ini bisa dilakukan pada Dinding, Plafon, Partisi, Furniture, dan sebagainya. Bisa dikerjakan pada Gedung Perkantoran, Hotel, Bank, Rumah Sakit, Mall, Ruko, Pusat Perbelanjaan, SPBU, maupun Rumah Pribadi.

Secara Umum, tahapan memasang ACP ini bisa dibagi atas 4, yaitu :

1.  Pemasangan Konstruksi Rangka dudukan Alumanium Composit Panel (ACP) pada bangunan.
2.  Fabrikasi Lembaran ACP.
3.  Pemasangan Lembaran ACP (yang telah difabrikasi) pada Konstruksi Rangka Dudukan.
4.  Pemberian Sealant pada sela Lembaran ACP dan Pembersihan.

Pada kesempatan ini saya akan membahas Bagian Pertama terlebih dahulu, yaitu Pemasangan Konstruksi Rangka dudukan Alumanium Composit Panel (ACP) pada bangunan. Dengan Asumsi pemasangan dilakukan pada Dinding Bangunan pada bagian Luar (yaitu bagian yang terkena Panas Matahari dan Air Hujan).

Cara Pasang Rangka ACP adalah sebagai berikut :

a.  Jika Konstruksi Rangka Dudukan ACP dipasang pada Dinding yang terbuat dari pasangan Batubata, maka Dinding Batubata tersebut harus diplester terlebih dahulu. Minimal diplester tanpa Aci, atau bisa juga di-aci. Supaya Konstruksi Rangka ini tetap Kuat Mengikat saat menahan Beban Rangka itu sendiri dan Beban ACP nantinya, serta Tahan Lama.


b.  Jika Konstruksi Rangka Dudukan ACP dipasang pada Dinding Beton atau Beton Bertulang, maka dinding tersebut tidak perlu diplester lagi, silahkan langsung dipasang.

c.  Rangka Dudukan ACP, sebaiknya menggunakan material Metal atau Logam yang berkualitas baik, sehingga tidak mudah Korosi (berkarat) dan tidak mudah rusak akibat korosi tersebut.
Seperti Gambar dibawah ini : A adalah Alumanium, dan B adalah Besi Hollow yang di-Cat (dengan ketebalan material Logam yang memadai untuk menahan Beban Sendiri Rangka tersebut dan ACP yang akan dipasang pada Rangka tersebut.


Dalam hal ini, sebaiknya tidak menggunakan bahan seperti Rangka Furring Gypsum Galvanis. Karena bahan ini tidak tahan terhadap Cuaca, Panas Matahari, Air Hujan, dan Kelembaban, sehingga sangat mudah Korosi (berkarat). Korosi ini akan cepat sekali merusak Furring tersebut. Seperti Gambar dibawah ini.
(Keterangan : Furring Galvanis hanya cocok digunakan untuk didalam bangunan).


d.  Lakukan Marking pada Dinding Batubata (dalam hal ini, Contoh Pemasangan dilakukan pada Dinding Batubata yang telah diplester). Jarak Horizontal-nya kita misalkan 60cm dan Jarak Vertikal-nya juga 60cm. Seperti Gambar dibawah ini.


e.  Lakukan Pemasangan Rangka Dudukan ACP, contoh disini menggunakan Besi Hollow 40x40.

Pemasangan Besi Hollow ini bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

     1.  Satu-persatu Besi Hollow (yang telah dipasang Bracket) langsung dikunci pada dinding tersebut
          menggunakan Dynabolt, caranya dapat dilihat Disini. Besi Hollow lainnya bisa di-join dengan
          sistem Pengelasan sampai semua terpasang. Seperti bisa dilihat pada kedua Gambar dibawah ini.
 

     2.  Bisa juga semua Besi Hollow difabrikasi terlebih dahulu (dengan sistem Pengelasan), dan
          dipasang Bracket pada tempat-tempat tertentu. Kemudian sekaligus dipasang pada Dinding tersebut.
          Seperti Gambar dibawah ini.



f.  Setelah semua Besi Hollow terpasang, lakukan Pengecekan Ulang terhadap kekuatan pasangan Dynabolt dan Pengelasan. Hal ini diperlukan untuk memastikan Kekuatan Rangka Dudukan tersebut sebelum Alumanium Composit Panel (ACP) dipasang pada Rangka tersebut.

g.  Pemasangan selesai.. Semoga tulisan ini berguna..

Selanjutnya Cara Fabrikasi Lembaran Alumanium Composit Panel dapat dilihat Disini.



Advertisement




Komentar :

Category: ,