Cara Memperbaiki Pasangan Keramik Lantai yang Kopong

Proyek Sipil | 10.10 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pemasangan Keramik Rumah biasa dilakukan secara manual yaitu dengan Aktifitas Tangan Manusia (tukang Keramik). Pemasangan Keramik ini sebaiknya rapi dan padat, tapi ada juga Pasangan Keramik yang tidak sempurna, seperti Kopong, yang bisa terjadi pada bagian Pinggir Keramik atau bagian Tengah Keramik.

Untuk mengetahui Keramik Lantai Kopong atau tidak, caranya dengan Mengetuk Permukaan Keramik tersebut dengan Jari Tangan (seperti Gambar diatas), bunyi yang muncul biasanya agak berbeda dengan Keramik lainnya. Pada saat diketuk, bunyi yang dihasilkan Lebih Nyaring, karena Lapisan Spesi dibawah Keramik tersebut kosong.

Apabila kita kita mengalami hal tersebut, kita dapat memperbaikinya dengan Langkah berikut:

A.  Solusi untuk mengatasi Keramik Lantai yang Kopong pada bagian Pinggir

1.  Kerok dan buang Nat (dempul) Keramik Lama dengan menggunakan Sekrap, sampai kedalaman dasar keramik, usahakan sebersih mungkin dan selebar mungkin.

2.  Buat adukan Nat (dempul) yang Baru untuk pendempulan kembali. Adukan dibuat Encer sehingga nantinya bisa disiramkan dan meresap ke bekas bongkaran Nat (dempul) keramik tadi.

3.  Siram dan tuang adukan Nat (dempul) yang encer tadi ke bekas bongkaran Nat sebanyak mungkin, sampai benar-benar meresap dan terisi penuh, tusuk adukan tersebut dengan Sekrap agar benar-benar padat dan tidak ada rongga lagi.

4.  Setelah penuh, biarkan sampai Bahan Pengisi Nat (dempul) tersebut mengering.

5.  Setelah kering, bersihkan sisa Bahan Pengisi Nat (dempul) tersebut dari Permukaan Keramik.

B.  Solusi untuk mengatasi Keramik Lantai yang Kopong pada bagian Tengah

Apabila kopong terjadi pada bagian Tengah Keramik, cara memperbaikinya yaitu dengan cara Membongkar Keramik tersebut dan Mengganti dengan Keramik Baru dengan cara Pemasangan yang baik dan padat.
Caranya adalah sebagai berikut :

1.  Bongkar Keramik Lantai yang kopong. Sebaiknya gunakan Mesin Gerinda dengan Mata Potong Keramik untuk memotong Keliling Keramik yang hendak dibongkar tersebut sebelum melakukan pembongkaran, agar pembongkaran terkonsentrasi pada 1 Keping Keramik itu saja, dan tidak merembet pada keramik di sebelahnya.

2.  Bersihkan Sisa bongkaran, buang dan bersihkan juga Adukan Mortar pasangan Keramik Lantai Lama tersebut agar bisa dilakukan pemasangan Keramik Lantai yang Baru.

3.  Lakukan pemasangan Keramik Lantai yang Baru dengan Baik dan Padat.
Cara pemasangan yang baik yaitu:
     a.  Rendam Keramik Baru yang hendak dipasang terlebih dahulu, sampai jenuh Air.
     b.  Buat Adonan campuran Semen dan Air seperti berbentuk Pasta.
     c.  Oleskan Pasta tersebut pada Permukaan Belakang Keramik Baru tersebut.
     d.  Buat Mortar (Semen dan Pasir) dengan Perbandingan 1:4 atau 1:3, tuang dan ratakan pada daerah yang hendak dipasang Keramik Baru tersebut.
     e.  Lakukan Pemasangan Keramik Baru tersebut dengan Baik dan Padat, ketuk dengan Palu Khusus Keramik agar padat.
     f.  Jangan langsung melakukan Pendempulan (pengisian Nat Keramik), biarkan 1 atau 2 hari agar Sisa Udara dari proses Reaksi Panas Semen Mortar keluar melalui sela-sela Nat Keramik tersebut. Setelah itu terjadi baru kita melakukan Pemdempulan (Pengisian Nat Keramik).

Demikian Tips Perbaikan Keramik Kopong ini, semoga berguna.

Advertisement




Komentar :

Category: ,