Jenis Pile Driver - Alat untuk Memasang Tiang Pancang

Proyek Sipil | 04.38 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pile driver adalah Alat yang digunakan untuk memasang / memancang Tiang Pancang ke dalam tanah. Pile Driver ini dipasangkan pada Rik yang ada pada Crane. Tiga macam alat ini menjadi satu kesatuan sehinnga dapat melaksanakan pemancangan.

(Rik telah dipasang pada Crane)
(Crane)


(Pile Driver)

Berbagai jenis alat pemancang (Pile Driver) dengan Spesifikasi-nya antara lain:

a. Diesel Hammer
Merupakan pemancang yang menggunakan mesin Diesel, Piston sebagai pemukul, Uap panas untuk mengangkat ram/piston. Kelemahannya adalah suara dan getaran yang ditimbulkan oleh proses pemancangan dengan menggunakan alat ini cukup keras dan "mengganggu".

b. Vibratory Pile Driver
Cara kerja alat ini adalah dengan menggunakan getaran yang ditimbulkan dari motor. Biasanya digunakan pada tanah granuler. Pemilihan menggunakan alat ini biasanya untuk meminimalisir getaran yang terjadi pada saat pemancangan. Umumnya getaran yang dibangkitkan untuk memancang suatu tiang berkisar antara 1200 VPM (Vibration Per Minutes) sampai 2400 VPM.

c. Hydraulic Hammer
Hydraulic hammeradalah alat pemancang yang menggunakan Sistem Hidrolik seperti pada dongkrak mobil untuk menanam Tiang Pancang yang ada.

d. Hydraulic Press-In
Penggunaan alat jenis ini memang dikhususkan untuk mengurangi segala Getaran atau Suara yang ditimbulkan pada proses pemancangan dengan metode “menekan tiang ke dalam tanah” menggunakan tenaga Hidrolik.

Advertisement




Komentar :

Category: ,