Cara Memasang Bekisting Sloof Rumah dan Pagar

Proyek Sipil | 19.50 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pada Rumah dan Gedung, Sloof dibuat untuk 2 Fungsi, yaitu:

(Sloof untuk Rumah)

1. Sloof untuk Dinding Rumah dan Gedung
Sloof Beton biasa dibuat pada Lantai 1 (atau Lantai Dasar) dan duduk diatas Tanah. Sloof dibuat sebagai Pondasi Menerus rumah, yang berfungsi untuk mendukung beban Dinding Batu bata / Batako dan Kolom.





(Sloof untuk Pagar Dinding Batu Bata)

2. Sloof untuk Pagar Dinding Batubata
Selain untuk Rumah, Sloof juga berfungsi sebagai Pondasi Menerus bagi Pagar Batubata, seperti terlihat pada Gambar disamping.






 

Cara dan Teknis Kerja Membuat Bekisting (mall) Sloof :

(Sloof Duduk diatas Tanah)
1. Sloof yang dipasang Duduk diatas Tanah langsung.
a. Setelah Besi Sloof dipasang (dirangkai) diatas Tanah, Papan/Tripleks Bekisting Sloof dipasang Tegak di kedua Sisi Luarnya (Beri Jarak 2,5 s/d 3 cm) untuk Selimut Beton. Lalu Papan/Tripleks Bekisting tersebut diperkuat dengan Skor Kayu agar tidak rusak dan pecah pada saat pengecoran (seperti Gambar disamping).

b. Pemasangan Bekisting Sloof bisa juga dilakukan sebelum Besi Tulangan Sloof dipasang. Lalu diperkuat dengan Skor Kayu pada jarak tertentu agar Bekisting tersebut kuat dan (tidak rusak saat pengecoran).


(Sloof Gantung diatas Tanah)
2. Sloof yang dipasang Gantung (tidak duduk diatas Tanah)
a. Kondisi seperti ini bisa terjadi karena Tapak Sloof (bottom) yang kita rencanakan ternyata lebih tinggi dari Permukaan Tanah yang ada.

b. Bekisting dibuat dengan terlebih dahulu membuat Papan/Tripleks pada Bagian Bawah Sloof (gantung diatas Tanah) dan disokong ke Tanah agar tidak melendut (melengkung). Lalu Papan/Tripleks  dipasang pada kedua Sisi Dindingnya (kiri dan kanan), yang kemudian diperkuat dengan Skor Kayu pada semua sisi yang dianggap perlu (agar Bekisting tersebut kuat dan tidak rusak pada saat pengecoran).

Demikian 2 Cara Pemasangan Bekisting Sloof yang sering dilakukan di Lapangan. Semoga artikel ini bermanfaat...

Advertisement




Komentar :

Category: , ,