Teknis Penggunaan Pipa PVC dalam Pembangunan Rumah

Proyek Sipil | 21.45 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

     Dalam Instalasi Saluran Air, baik itu saluran Buangan Air Kotor atau Saluran Supply Air Bersih, kita harus mengatur dan mendisain Pemipaannya dengan tepat dan benar, agar tercipta Aliran Air yang lancar dan tetap bernilai Ekonomis.

     Untuk itu diperlukan sistem perhitungan Debit Air yang akan mengaliri saluran tersebut, kemudian menyesuaikannya dengan Dimensi Pipa yang akan digunakan. Hal ini terkait dengan disiplin Ilmu Hidrologi dan Ilmu Hidrolika dalam Bidang Studi Teknik Sipil.

     Berdasarkan perhitungan dan pengalaman Pembangunan Rumah dan Perumahan yang Penulis lakukan selama ini, dapat diambil rumusan sebagai berikut:

1. Untuk Supply Air Bersih Rumah bisa menggunakan Pipa AW 1”, AW 3/4” dan AW 1/2”. Sedangkan untuk supply Air Bersih beberapa rumah (misalnya untuk Perumahan) bisa menggunakan Pipa AW 2,5”, atau AW 3”, atau AW 4”.

2. Untuk Air Buangan di dalam Rumah bisa menggunakan Pipa D 2,5", atau D 3", dan D 4". Untuk Air Buangan yang ber-debit besar besar (misalnya pada saluran kompleks Perumahan) bisa menggunakan Pipa D 5” atau D 6”. Alternatif lain jika Debit Air Buangan terlalu besar adalah menggunakan Riol Beton sebagai saluran air buangan tersebut.

3. Untuk pelindung Kabel Listrik di dinding rumah bisa menggunakan Pipa 5/8” atau 3/4”.

4. Untuk Pelindung Kabel Dalam Tanah bisa menggunakan Pipa 2”, 2,5” atau 3” (sesuai dengan kebutuhan space Kabel tersebut).

     Demikian rumusan singkat tentang penggunaan Pipa PVC dalam Pembangunan Rumah, semoga info ini dapat bermanfaat.

Advertisement




Komentar :

Category: ,