Jenis dan Ukuran Pipa PVC yang sering dipakai pada Pembangunan Rumah

Proyek Sipil | 21.19 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pipa PVC saat ini merupakan Bahan yang sering/wajib dipakai dalam pembuatan Rumah. Pipa PVC ini biasa dipakai untuk Saluran Supply Air Bersih dan Saluran Air Kotor/Buangan (baik itu Air Closet, Air Buangan Mandi, dan Air Kotor Buangan Closet ke Septic-Tank).

     Pipa PVC juga digunakan untuk Pelindung bagi Kabel Listrik yang ditanam di Dinding Rumah bahkan didalam Tanah, karena sifatnya yang Tidak Berkarat dan Tidak Membusuk akibat pengaruh Cuaca dan Alam.

     Pipa PVC yang beredar dipasaran memiliki Merk yang berbeda-beda. Sesuai dengan Merk yang dicantumkan oleh Pabriknya masing-masing, misalnya: Maspion, Wavin, Invilon, dan sebagainya. Merk Pipa yang beredar di setiap Propinsi di Indonesia berbeda-beda, sesuai dengan luas jangkauan distribusi dari masing-masing Pabrik tersebut. 

      Pipa PVC di pasaran biasanya memakai standard ukuran JIS (Japanese Industrial Standard), sedangkan untuk Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) biasanya memakai standard ukuran SNI (Standard Nasional Indonesia).
Dalam system JIS ada 3 jenis pipa PVC yaitu AW, D dan C, berikut rinciannya:

1. Pipa dengan Jenis AW, adalah Pipa Paling Tebal, biasanya dipakai untuk Pemipaan Aliran Bertekanan Tinggi (seperti adanya Tekanan dari Pompa Air). Juga biasa dipakai untuk Saluran Air didalam Tanah yang diperkirakan akan mengalami Tekanan Besar dari Kenderaan Berat yang mungkin melintas diatasnya.
Ukuran Pipa AW yang tersedia di pasaran antara lain: Diameter 6” = 6 inchi (6” ini adalah Ukuran Diameter Dalam Penampang Pipa); 5”; 4”; 3”; 2,5”; 2”; 1,5”; 1,25”; 1”; 3/4”; dan 1/2”.

2. Pipa dengan Jenis D, tidak setebal AW tapi lebih tebal dari C, digunakan untuk Saluran yang tidak akan mengalami tekanan yang besar, biasa dipakai untuk Saluran Buangan Air didalam rumah.
Ukuran Pipa Jenis D yang tersedia di pasaran antara lain: Diameter 6” = 6 inchi (6” ini adalah Ukuran Diameter Dalam Penampang Pipa); 5”; 4”; 3”; 2,5”; 2”; 1,5”; dan 1,25”.

3. Pipa dengan Kode C, Pipa ini paling tipis, saya tidak merekomendasikan untuk dipakai pada Instalasi Saluran Air pada Rumah anda, karena Jenis Pipa ini rentan dan gampang pecah.

     Demikian informasi mengenai Pipa PVC yang sering dipakai dalam Pembanguna Rumah, semoga informasi ini dapat bermanfaat.

Advertisement




Komentar :

Category: