Kelebihan Kusen - Daun Pintu - Daun Jendela berbahan UPVC /PVC

Proyek Sipil | 00.42 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement


     Rumah umumnya memiliki Kusen, Daun Pintu, dan Daun Jendela, yang berfungsi sebagai:
1.  Sarana untuk akses Keluar dan Masuk Rumah (Pintu)
2.  Sirkulasi Udara.
3.  Pencahayaan Matahari.
4.  Membuat Rumah tanpak lebih Indah dan Elegan.

     Kusen, Pintu, dan Jendela ini ada dibuat pada dinding luar rumah. Ini menyebabkannya menjadi "bersentuhan langsung/tidak langsung" dengan Panas Matahari dan Air Hujan. Sehingga dibutuhkan Kusen dan Daun Jendela yang memiliki "kualitas kayu yang baik" agar dapat berusia panjang dan tahan lama.

     Satu hal yang menjadi permasalahan sekarang ini adalah, Kayu Keras yang berkualitas Tinggi (Bahan Baku Kusen, Pintu, dan Jendela) relatif susah didapat. Sehingga harganya menjadi mahal dan pengadaannya-pun menjadi sulit (apalagi dalam jumlah yang banyak).

     Hal inilah yang membuat munculnya Produk Alternatif untuk menggantikan Kusen, Pintu, dan Jendela berbahan Kayu ini. Produk Alternatif-nya antara lain adalah Kusen, Pintu, dan Jendela yang berbahan PVC/UPVC.

     UPVC adalah suatu Material Turunan Plastik. Kepanjangan UPVC adalah Unplasticized Poly Vynil Chloride. Sifat bahan ini adalah material plastik yang diminimalkan sifat plastisnya sehingga bentuknya menjadi keras (berkurang kelenturannya). Bahan UPVC ini telah dicampur dengan komponen Anti UV (Ultra Violet), sebelum dibuat menjadi Kusen Pintu atau Jendela.

     UPVC pertama kali digunakan adalah di daerah Barat (Eropa dan Amerika), tetapi sekarang telah meluas ke seluruh penjuru dunia. Pemakaian akhir-akhir ini juga dipicu oleh aksi Global Warming sehingga penggunaan Kayu sebagai Bahan Baku sangat dibatasi.

Kelebihan UPVC adalah:
1.  Anti Rayap
2.  Anti Karat
3.  Anti Bocor
4.  Anti Muai / Susut
5.  Kedap Suara
6.  Hemat Energi
7.  Tahan Cuaca
8.  Mudah Perawatan

Untuk Pemakaian di Indonesia UPVC sangat Dianjurkan karena:
1.  Kayu mudah lapuk karena kelembaban yang tinggi.
2.  Kayu mudah terserang rayap.
3.  Kayu pasti akan mengalami muai susut sehingga perlu di rawat setiap tahun.
4.  Kayu semakin hari semakin mahal.
5.  Aluminium kurang kedap suara.
6.  Aluminium kurang anti bocor.

     Pada awalnya UPVC di Indonesia sudah tersedia sejak sebelum Krisis Ekonomi tahun 1997. Saat itu beberapa Merk yang menyediakan Produk UPVC ini mengimport dari Eropa, dimana harganya cukup tinggi sehingga hanya dipakai oleh "kalangan atas" saja. Lalu negara China kemudian ikut memproduksi Produk UPVC ini, dan memasarkannya ke berbagai negara (termasuk Indonesia) dengan harga yang jauh lebih murah, sehingga harganya lebih terjangkau.

     Demikian informasi tentang Kusen, Pintu, dan Daun Jendela UPVC, semoga dapat bermanfaat.

Advertisement




Komentar :

Category: ,