Pekerjaan Persiapan sebelum Memulai Pembangunan Rumah atau Gedung

Proyek Sipil | 12.29 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

        Dalam rencana kegiatan membangun Rumah, Gedung, dan sebagainya, ada beberapa hal yang mesti kita persiapkan terlebih dahulu. Persiapan ini cukup penting dilakukan agar pekerjaan pembangunan tersebut nantinya tidak mengalami kesulitan dan kendala, dan Hasil Bangunan yang diinginkan bisa sesuai dengan rencana.

Pekerjaan Persiapan yang harus dilakukan antara lain sebagai berikut:

1.  Melakukan survey ke lokasi Tanah tempat bangunan akan didirikan
Mengukur Tanah tersebut sehingga dapat diketahui Lebar, Panjang, dan Bentuknya secara Detail. Juga mengukur tinggi rata-rata permukaan Tanah tersebut apabila dibandingkan dengan ketinggian Jalan Raya didepan tanah tersebut.

2.  Melakukan Test Sondir terhadap Tanah
Tujuannya agar dapat diketahui Kekuatan Daya Dukung Tanah yang ada, sehingga dapat didisain Pondasi yang cocok nantinya.

3.  Membuat Disain Perencanaan Gambar (Gambar Beztek)
Gambar Rencana yang dibuat disesuaikan dengan data dari Hasil Survey (poin 1) sehingga tidak meleset ukurannya dari Situasi Tanah sebenarnya di lapangan, dan data Hasil Test Sondir Tanah (poin 2) supaya dapat didisain Pondasi Rumah atau Gedung yang kuat konstruksinya.

4.  Membuat Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB)
Data ini cukup penting agar kita dapat melakukan Estimasi Total Biaya yang diperlukan untuk penyelesaian pembangunan Rumah atau Gedung tersebut. Dengan adanya data ini, kita dapat menyesuaikannya dengan Budget yang kita miliki. Bahkan dapat melakukan efisiensi penghematan jika diperlukan.

5.  Mencari dan menghubungi Supplier Toko Penyedia Bahan Bangunan
Untuk dapat mensupplai kebutuhan Bahan Bangunan yang nanti akan diperlukan, seperti: Semen, Pasi, Kerikil, Besi, Kusen, Pintu, Atap, dan lain-lain.

6.  Mencari jasa Pekerja Pembangunan Rumah atau Gedung tersebut (man-power/pekerja)
Pekerja yang akan melakukan kegiatan Pembangunan ini sebaiknya dipilih yang berdedikasi baik dan berpengalaman dalam bidangnya, sehingga mutu pelaksanaan yang dihasilkan akan bagus nantinya.

7.  Mencari dan memakai jasa seorang Tenaga Ahli Teknik Sipil 
Sebaiknya yang berpengalaman dan berdedikasi baik untuk melakukan kegiatan Controlling (pengawasan) dan mengarahkan Man-Power untuk dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

Demikian pekerjaan persiapan sebelum melaksanakan Pembangunan Rumah atau Gedung yang dapat saya sampaikan disini, jika ada masukan dapat kita diskusikan di kolom komentar dibawah ya... Terima kasih... 

Untuk Informasi lanjutan tentang Pekerjaan Persiapan di Lapangan (lokasi Proyek Pembangunan) akan saya posting akan datang.

Advertisement




Komentar :

Category: ,