Alat Test Sondir Tanah dan Manfaatnya bagi Keselamatan Bangunan

Proyek Sipil | 02.40 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

        Test Sondir Tanah dilaksanakan untuk mengetahui Kekuatan Daya Dukung Tanah. Ada 2 data yang dapat diketahui dalam test ini, yaitu "Perlawanan Penetrasi Konus" dan "Hambatan Lekat tanah".

        Perlawanan Penetrasi Konus adalah perlawanan tanah terhadap ujung konus alat Sondir tersebut yang dinyatakan dalam Gaya per-Satuan Luas (kg/cm2).
        Hambatan Lekat adalah Perlawanan Geser tanah terhadap Selubung Bikonus dalam Gaya per-Satuan Luas (kg/cm2).

        Data yang didapat dari Test Sondir Tanah ini sangat berguna untuk Perencanaan Pondasi suatu Rumah, Gedung, Pabrik, dan Bangunan Konstruksi Berat Lainnya. Dengan adanya data ini kita dapat menentukan jenis Pondasi yang Kuat dan Ekonomis terhadap bangunan diatasnya.

        Jenis Tanah itu berbeda, lapisan tanah juga berbeda-beda. Bisa saja tanah yang kita anggap keras (dilihat dari Permukaannya) rupanya memiliki Daya Dukung yang Kecil pada lapisan bawahnya.
Sehingga apabila kita letakkan Pondasi di lapisan tanah (lunak) tersebut, bisa saja akan terjadi Penurunan Pondasi yang "besar" sehingga membahayakan Bangunan diatasnya.

        Hal ini tentu bisa membahayakan bagi struktur bangunan itu sendiri bahkan juga terhadap manusia yang akan beraktifitas dalam bangunan tersebut. Dengan alat yang cukup sederhana ini, secara tidak langsung kita bisa mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan tersebut.

        Demikian sekilas info singkat tentan Alat Sondir Tanah dan Manfaatnya bagi Kekuatan Pondasi suatu Bangunan. Bagaimana Teknis Kerja Pelaksaan kegiatan Sondir akan saya tulis pada kesempatan akan datang.

Advertisement




Komentar :

Category: ,