Cara Pemasangan Pipa untuk Pasang Closet Duduk pada Kamar Mandi

Proyek Sipil | 02.16 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Penggunaan Closet Duduk di Indonesia sebenarnya sudah ada sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Sejak tahun 1980-an jenis Closet ini sudah mulai banyak dipakai di Indonesia. Saya sendiri sudah menggunakan Closet Duduk merk Toto pada tahun tersebut di Rumah.

Model, bentuk, dan Tipenya juga bermacam-macam. Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini sudah banyak sekali variasi bentuk dan type Closet ini, bahkan sudah banyak pula Merk dan Vendor baru yang ikut memproduksinya.

Karena bentuk dan Type Closet Duduk ini berbeda-beda, maka Cara Pemasangannya tentu berbeda-beda juga. Biasanya pada kemasan Produknya sudah disediakan Manual Installation (Petunjuk Pemasangan) secara tertulis.

Contoh Pekerjaan Pemasangan Pipa pada Closet Duduk :

1.  Persiapkan pipa suplai Air Masuk ke Tangkai Closet duduk (No. 2) dan pipa Buangan Air Kotor Closet Duduk (No. 1) pada kamar mandi, seperti Gambar dibawah ini.


Keterangan:
a.  Pada Gambar Pipa No. 2, tampak ada dua buah Pipa 1/2". Pipa yang Pertama (2a) adalah pipa 1/2" untuk suplai Air ke Tangki Closet Duduk, dan pipa yang Kedua (2b) adalah pipa 1/2" untuk suplai Air untuk Jet Shower (untuk basuh).

Sebenarnya Pipa No. 2 ini bisa saja dibuat menjadi satu buah Pipa 1/2" saja, nanti dengan menggunakan Tee Stainless 1/2" air dapat dibagi untuk suplai Air ke Tangki Closet Duduk dan untuk suplai Air untuk Jet Shower. Tapi pada Tips kali ini saya membuat Pipa-nya terpisah, karena akan lebih mudah mengganti Jet Shower tersebut jika nanti rusak (tidak mengganggu suplai Air ke Tangki Closet Duduk tersebut).
Jet Shower
b.  Pipa No. 1 adalah Pipa 4" untuk Buangan Air Kotor Closet Duduk

c.  Pipa No. 3 adalah Pipa Buangan Air Kamar Mandi, bisa berukuran 2 1/2", bisa juga berukuran 3". Pada kesempatan ini saya tidak membahas tentang Pipa ini.

2.  Pasang Elbow Drat Dalam pada Pipa 1/2" No. 2a dan 2b, sesuai dengan ukuran Gambar Petunjuk Pemasangan (satuan mm) yang tersedia. Saya sarankan menggunakan Elbow Drat Kuningan, karena Drat-nya tidak mudah rusak dan kokoh.
(Gambar Petunjuk Pemasangan, Closet Duduk Tampak Samping dan Tampak Depan)

(Gambar 1)
Pada Elbow Drat Dalam (EDD) 2b dan 2a nantinya akan dipasang Stop Kran, untuk kontrol Air suplai Jet Shower dan Air suplai Tangki Closet Duduk. Maka posisi EDD 2b dan EDD 2a harus dibuat berjarak, agar kedua Stop Kran nantinya tidak bersinggungan (lebih kurang 10cm).

3.  Pasang Pipa 4" untuk Buangan Air Kotor Closet Duduk, sesuai dengan ukuran Gambar Petunjuk Pemasangan (satuan mm) yang tersedia.

4.  Selanjutnya kita bisa memasang Keramik Dinding dan Keramik Lantai Kamar Mandi tersebut.

5.  Pekerjaan Persiapan Pipa untuk Pasang Closet Duduk pada Kamar Mandi selesai, tunggu sampai 1 hari agar Pasangan Keramik kering, lalu anda bisa melakukan Pemasangan Closet Duduk.

Demikian Tips saya kali ini.. Semoga berguna..


Advertisement




Komentar :

Category: , , ,