Time Schedule Pekerjaan Proyek dan Manfaat-nya

Proyek Sipil | 16.05 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement


Time Schedule (skedul) Proyek adalah Rencana Waktu yang telah ditetapkan dalam Pelaksanaan Pekerjaan Proyek, meliputi semua Item Pekerjaan yang ada.

Time Schedule ini menerangkan kapan Waktu Dimulai pekerjaan, Lama Waktu pekerjaan (durasi), dan Waktu Selesai pekerjaan. Baik untuk pekerjaan pembuatan Rumah, Gedung, Kantor, Jalan Raya, Jembatan, dan semua Konstruksi Bangunan Sipil lainnya.

Time Schedule biasanya dibuat dalam bentuk Bar Chart dan Network Planning. Saat ini bentuk Bar Chart sangat sering digunakan dalam Penyajian Data Time Schedule. Karena bentuk ini memudahkan kita dalam kegiatan selanjutnya, yaitu membuat Kurva S.

Guna dan Tujuan pembuatan Time Schedule dalam Pelaksanaan Proyek Konstruksi :

1.  Untuk mengetahui Kapan dimulainya suatu Item Pekerjaan, lama pekerjaan, dan rencana selesainya.

2.  Sebagai Pedoman untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (Man Power), sesuai dengan Waktunya.

3.  Sebagai Pedoman untuk mempersiapkan Material Pekerjaan, sesuai dengan Waktunya.

4.  Sebagai Pedoman untuk penyediaan Alat-alat Kerja, sesuai dengan Waktunya.

5.  Sebagai Sumber Data untuk memantau Kecepatan atau Keterlambatan Progress dari Item Pekerjaan, sehingga bisa dilakukan Koreksi di Lapangan untuk Mempercepat Pekerjaan tersebut.

6.  dll.. (mungkin anda bisa menambahkannya pada Kolom Komentar dibawah...)

Time Schedule bisa dibuat dalam bentuk Harian, Mingguan, dan Bulanan. Hal ini tergantung pada lamanya Waktu Rencana Total Pelaksanaan sebuah pekerjaan proyek.

Misalnya untuk Pekerjaan yang Durasi-nya 2 Minggu sampai 1 bulan, akan cocok jika dibuat Time Schedule Harian. Untuk Pekerjaan yang Durasi-nya 2 bulan sampai 1 tahun, bisa dibuat Time Schedule Mingguan. Dan untuk Pekerjaan yang Durasi-nya Lebih Lama, bisa dibuat Time Schedule Bulanan. Ini bisa dibuat bervariasi, tergantung dari Kebutuhan Kelengkapan Data yang kita inginkan.



Advertisement




Komentar :

Category: , ,