Ukuran Keramik dan Tips Penggunaannya dalam Rumah

Proyek Sipil | 03.01 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

     Keramik memiliki banyak ukuran yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk Bujursangkar, dan ada juga yang Persegi-Panjang. Pada umumnya keramik ini berbentuk segi-empat, kecuali untuk keramik yang memang didisain khusus, misalnya untuk Motif dan sebagainya.

Beberapa Ukuran Keramik yang sering dipakai dalam Rumah antara lain:
a.  Keramik bentuk Bujursangkar
     -  Ukuran 80cm x 80cm
     -  Ukuran 60cm x 60cm
     -  Ukuran 40cm x 40cm
     -  Ukuran 30cm x 30cm
     -  Ukuran 25cm x 25cm
     -  Ukuran 20cm x 20cm

b.  Keramik bentuk Persegi-panjang
     -  Ukuran 30cm x 60cm
     -  Ukuran 30cm x 50cm
     -  Ukuran 20cm x 45cm
     -  Ukuran 20cm x 40cm
     -  Ukuran 20cm x 30cm
     -  Ukuran 20cm x 25cm

Tips memilih Keramik antara lain adalah: 
1.  Dengan menyesuaikan antara Bidang Luas Dinding atau Lantai yang hendak dipasang keramik tersebut. Misalnya: Untuk bidang Lantai yang besar/luas, sebaiknya dipakai Keramik dengan ukuran yang besar, agar terkesan lebih rapi dan tidak terlalu banyak Nat (sambungan antar keramik). Demikian juga sebaliknya.

2.  Untuk pemasangan Keramik Lantai umum digunakan keramik yang berbentuk Bujursangkar, namun bisa juga menggunakan bentuk Persegi-panjang dengan Pola Susunan Keramik seperti pola pasangan Batubata.

3.  Untuk pemasangan Keramik Dinding (misalnya dinding Kamar Mandi) umum digunakan Keramik berbentuk Persegi-panjang, karena akan terkesan lebih menarik untuk dilihat dibandingkan berbentuk Bujursangkar.

4.  Untuk pemasangan Keramik pada Ruangan Rumah yang jarang kena air, misalnya: Ruang Tamu, Ruang Keluarga, Kamar Tidur, bisa menggunakan Keramik yang Permukaannya halus/licin.

5.  Untuk pemasangan Keramik pada Ruangan yang sering basah, misalnya: Lantai Kamar Mandi, Teras, Halaman, sebaiknya menggunakan keramik yang Permukaannya kasar (agar tidak licin saat berjalan diatasnya).

     Demikianlah tulisan saya kali ini tentang Ukuran dan Tips Pemasangan Keramik. Di pasaran masih ada lagi ukuran-ukuran keramik lainnya, tapi pada kesempatan ini saya hanya mencantumkan Ukuran Keramik yang sering dipakai saja. Jika ada masukan silahkan komen dibawah.

Advertisement




Komentar :

Category: