Ini Dia 5 Bangunan Impian Mahakarya Jokowi

Proyek Sipil | 01.20 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Bangunan-bangunan anyar nan megah segera menghiasi wajah Ibukota. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) berjanji merealisasikan bangunan impiannya itu mulai tahun 2013. Gebrakan membangun Jakarta di segala bidang ini mulai dikebut Jokowi tahun depan. Ia bahkan siap menggelontorkan dana hingga triliunan rupiah. Namun, Jokowi membutuhkan restu DPRD DKI Jakarta untuk mewujudkan bangunan idamannya itu.

Berikut 5 bangunan yang ingin segera direalisasikan Jokowi:

1.  'Kandang Persija' Rp 1,05 Triliun
        Stadion 'Kandang Persija' akan didirikan di Taman BMW, Sunter, Jakarta Utara, mulai tahun 2013. Stadion yang menampung 50.000 penonton itu bakal dilengkapi botani garden hingga danau indah untuk ruang publik. Dana yang digelontorkan tidak tanggung-tanggung, hingga mencapai Rp 1,05 triliun.

        "(Anggarannya) Rp 1 triliun 50 miliar. Itu anggaran sudah termasuk stadionnya, landscape-nya, kira-kira itulah. Mungkin multiyears, coba kita lihat nanti posisinya karena sekali lagi budgeting ada di Dewan. Ini dalam proses pengajuan ke Dewan," papar kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Gedung Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2012).

2.  Busway Layang Rp 1,4 Triliun
        Elevated busway (busway layang) Ciledug-Blok M rencananya dibangun tahun 2013. Proyek ini diperkirakan menelan anggaran Rp 1,4 triliun. Pembangunan busway layang menjadi topik hangat yang dibahas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) dan jajarannya dalam rapat pimpinan di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2012). Proyek ini ditargetkan rampung tahun 2015.

3.  Rekreasi Gratis di Waduk Riario
        Jokowi ingin menyulap Waduk Riario yang kumuh di Jl Perintis Kemerdekaan, Pedongkelan, Jakarta Timur, menjadi tempat rekreasi gratis bagi warga. Waduk itu akan dilengkapi taman nan indah dan bisa menjadi ruang terbuka publik.

        "Danau Riario ini sudah beberapa tahun tidak produktif. Ini mau kita produktifkan untuk rekreasi gratis masyarakat," kata Jokowi usai mengunjungi waduk tersebut, Rabu (21/11/2012). Jokowi mengatakan, pembenahan akan mulai dilakukan mulai awal tahun 2013. Waduk itu akan dikeruk dan airnya akan dibersihkan.

4. Kampung Ala Betawi Rp 291 Miliar
        Jokowi akan membangun kampung berkarakter Betawi di perkampungan Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dana yang digelontorkan sekitar Rp 291 miliar.

        "Saya tadi sudah perintahkan langsung ke kepala dinas agar dana yang ada dianggarkan total saja, jangan setengah-setengah, agar tidak ragu lagi. Untuk kegiatan ini anggarannya ada Rp 291 miliar, mudah-mudahan tidak dikurangi," papar Jokowi.

        Eks Wali Kota Solo ini berharap proyek ini rampung tahun 2013. "Nanti akan ada rumah batang, ada rumah pesisiran, ada rumah joglonya, ada rumah panggungnya, yang identitas Betawi, karakter Betawi. Ini yang mau kita angkat. Visinya juga harus ada," kata Jokowi.
(aan/nrl)

5.  Masjid Raya Betawi
        Tidak hanya kampung berkarakter Betawi, Jokowi ingin membangun Masjid Raya Betawi.
"Perlu kami informasikan, tahun depan akan dimulai pembangunan Masjid Raya Betawi," kata Jokowi dalam sambutannya saat berkunjung ke perkampungan Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2012). Jokowi meminta semua karakter dan nuansa masjid itu bergaya Betawi.
    
        "Tetapi tidak di sini (Setu Babakan), (lokasinya) di Jakarta Barat. Tapi sama saja, karakternya masjid Betawi. Saya juga tidak tahu karakter masjid Betawi yang benar seperti apa, nanti mau konsultasi dengan tokoh Betawi," ujar wong asli Solo ini.

        Mudah2an semua bisa terlaksana... mari fokus membangun Jakarta dengan kepentingan atau fasilitas buat warganya, bukan kepentingan pengusaha dengan bangunan mal atau pusat perbelanjaan yg bikin warga jadi boros belanja.
(Sumber: Forum Detik.com)

Advertisement




Komentar :

Category: