Peralatan dan Material yang diperlukan untuk Fabrikasi Aluminium Composite Panel (ACP)

Proyek Sipil | 09.53 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Produk Aluminium Composit Panel (ACP) yang dijual oleh Vendor biasanya berupa Lembaran, seperti tampak pada Gambar dibawah ini. ACP ini terdiri dari beberapa lapisan Bahan (material) yang berbeda-beda yang kemudian disatukan menjadi sebuah Lembaran. 

ACP memiliki variasi Warna dan Ukuran yang berbeda-beda. Ukuran Lembaran ACP standard adalah, Panjang = 244 cm, dan Lebar = 122 cm. Untuk ketersedian Ukuran lainnya dan Warna, silahkan ditanyakan langsung pada Vendor-nya masing-masing.


ACP harus dipasang pada Konstruksi Rangka Dudukan yang benar-benar kuat dan kokoh, yang dapat menahan berat sendiri Rangka Dudukan tersebut, berat ACP setelah terpasang, dan tahan terhadap kondisi Angin, Suhu, Cuaca dan sebagainya, dalam Jangka Waktu yang lama.

Sebelum Lembaran ACP diatas dipasang pada Konstruksi Rangka Dudukan-nya, Lembaran ACP tersebut harus dibentuk (difabrikasi) terlebih dahulu seperti gambar dibawah ini.


Peralatan dan Material yang diperlukan untuk Fabrikasi ACP :

1.  Lembaran Alumanium Composit Panel (ACP) yang akan difabrikasi.
2.  Meja Kerja
yang Rata dan Permukaan-nya dan tidak kasar, sehingga Lembaran ACP tidak tergores atau rusak pada saat diletakkan pada Meja tersebut (pada saat proses fabrikasi).
3.  Spidol.
4.  Alat Ukur (Meteran).
5.  Penggaris.
6.  Mesin Potong dan Mata Pisau Potong untuk Alumanium Composit Panel. Seperti Gambar dibawah ini.


7.  Mesin Router dan Mata Pisau Router untuk Alumanium Composit Panel, ukuran mata pisau adalah 90 derjat. Seperti Gambar dibawah ini.



8.  Gunting Plat Alumanium, untuk memotong bagian-bagian yang kecil pada Lembaran ACP.



9.  Mesin Bor dan Mata Bor Logam. Ukuran Diameter Mata Bor disesuaikan dengan Ukuran Diameter Kepala Paku Rivert yang akan digunakan. Seperti Gambar dibawah ini.


10.  Tang Rivert dan Paku Rivert. Sepeerti Gambar dibawah ini.


11.  Siku Alumanium, seperti Gambar dibawah ini. Nantinya akan dibuat menjadi Bracket.





Advertisement




Komentar :

Category: , , ,