Manfaat Pekerjaan Saluran Air dan Selokan

Proyek Sipil | 01.49 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

Pembangunan Saluran Air dan Selokan (Parit) banyak sekali kita jumpai daerah kota maupun pedesaan, seperti yang tampak pada Gambar diatas.

Fungsi (Guna) dan Manfaat Saluran ini antara lain sebagai berikut:

1.  Sebagai saluran pembuangan Air Kotor (Limbah) dari rumah, gedung, pabrik, kantor, perumahan, dsb., yang nantinya disalurkan ke tempat yang lebih rendah, seperti sungai, danau dan laut.

2.  Sebagai saluran pembuangan yang menampung Air Hujan dari sekeliling saluran tersebut, seperti air limpasan dari Jalan Raya dan Permukaan Tanah.

3.  Bermanfaat untuk tetap menjaga kondisi Permukaan Jalan Raya supaya tetap kering dan tidak tergenang air. Hal ini sangat penting bagi Jalan Raya yang terbuat dari Aspal, karena Jalan yang berbahan Aspal akan lebih mudah rusak apabila kondisinya sering tergenang oleh Air.

4.  Mencegah Banjir, karena Air yang tergenang pada Permukaan Tanah akan segera dialirkan ke tempat yang lebih rendah.

5.  dan sebagainya. Jika ada yang ingin menambahkan manfaat Saluran Air dan Selokan ini, silahkan tulis pada Kolom Komentar dibawah.

Contoh Perhitungan dan Gambar Saluran Air dan Selokan dapat dilihat pada artikel ini Cara Menghitung Volume Beton pada Saluran Air dan Selokan.

Advertisement




Komentar :

Category: ,