Konsep Pembebanan pada Perhitungan Struktur Bangunan

Proyek Sipil | 00.02 |


Hak Cipta: Maaf... Artikel ini dibuat khusus untuk Pembaca Blog ini. Jika anda ingin memposting ulang pada Blog atau Website anda, silahkan ditulis ulang dengan Narasi dan Bahasa anda sendiri. Terima Kasih...
Advertisement

     Dalam melakukan Analisis Desain Struktur Bangunan, perlu adanya gambaran yang jelas mengenai perilaku dan besar beban yang bekerja pada struktur tersebut.

Beban yang terdapat pada Struktur dapat dibagi atas 2 macam, yaitu Beban Statis dan Beban Dinamis.

1.  Beban Statis adalah Beban yang memiliki perubahan intensitas beban terhadap waktu berjalan lambat atau konstan. Menurut Peraturan Pembebanan Indonesia untuk Rumah dan Gedung tahun 1983, Jenis Beban Statis sebagai berikut:

a.  Beban Mati (Dead Load/ DL), yaitu semua beban yang berasal dari berat bangunan, termasuk segala unsur tambahan tetap yang merupakan satu kesatuan dengannya.
Contoh Beban Mati dapat dilihat pada tabel dibawah:

Beban MatiBesar Beban
Batu Alam2600kg/m3
Beton Bertulang2400kg/m3
Dinding Pasangan ½ Bata 250kg/m2
Langit-langit + Penggantung 18kg/m2
Lantai Ubin dari Semen Portland24kg/m2
Spesi Per-cm Tebal21kg/m2
Kolam Renang1000kg/m2

b.  Beban Hidup ( Live Load/LL), yaitu semua beban tidak tetap, kecuali beban angin, beban gempa, dan pengaruh-pengaruh khusus yang diakibatkan oleh selisih suhu, pemasangan (erection), penurunan pondasi, susut, dan pengaruh-pengaruh khusus lainnya.

     Untuk menentukan secara pasti Beban Hidup yang bekerja pada suatu lantai bangunan sangatlah sulit, karena fluktuasi beban hidup bervariasi, tergantung dari banyak faktor tersebut diatas. Oleh karena itu faktor pengali pada Beban Hidup (ql) lebih besar jika dibandingkan dengan faktor pengali pada Beban Mati (qd), seperti tertera pada Rumus dibawah.

          Beban Maksimum (qu) = 1,2.qd + 1,6.ql

Contoh Beban Hidup dapat dilihat pada tabel dibawah:

Beban Hidup Pada Lantai BangunanBesar Beban
Lantai Apartemen250kg/m2
Tangga dan Bordes300kg/m2
Plat Atap100kg/m2
Lantai Ruang rapat400kg/m2
Beban Pekerja100kg

2.  Beban Dinamis, yaitu Beban dengan variasi perubahan intensitas beban terhadap waktu yang cepat. Beban dinamis ini terdiri dari Beban Gempa dan Beban Angin.

Advertisement




Komentar :

Category: